Tuesday, June 1, 2010

Silsilah Nabi Muhammad SAW Bertemu Khodijah

Silsilah Nabi Muhammad SAWKurang lebih tiga tahun yang lalu keluarga kami melakukan sebuah penelitian yang berhubungan dengan nasab atau silsilah atau garis keturunan dari Rosululloh SAW. Dan saat itu kami mengumpulkan banyak sekali referensi baik dari buku-buku yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, Inggris, ataupun Arab.

Pekerjaan yang kami lakukan sudah mencapai silsilah Rosulluloh SAW yang bertemu dengan silsilah Imam Syafi'i, sedangkan ke atasnya baru sampai pada silsilah Ghalib.

Kendala yang kami hadapi adalah minimnya kami akan segi dokumentasi yang hanya menulisnya pada buku lalu menyimpannya pada perpustakaan pribadi.

Beberapa kali berpindahnya kamar perpustakaan menyebabkan ada beberapa dokumen yang diindikasikan hilang karena sebab keteledoran, sehingga membuat kami harus kembali membuka-buka ulang buku-buku referensi.

Supaya hal tersebut tidak terulang, maka kami mulai belajar rapih pada sistim pendokumen khususnya pada proyek jangka panjang tentang Silsilah Rosulullaoh SAW. Karena kami yakin bahwa ini suatu saat akan sangat bermanfaat sekali.

Sebagai tambahan, kami juga Alhamdulillah masih kontinyu melaksanakan puasa nabi Daud AS yang sudah memasuki tahun kedua untuk saya pribadi "Ummiega" ( namun ketika kecelakaan yang menimpa mengakibatkan kaki kiri saat ini tidak dapat berjalan, saya rehat), sedangkan Abi "Suami" memasuki tahun kedelapan, Alhamdulillah masih menjalani puasa nabi Daud AS.

Dibawah ini hanya sekilas tentang silsilah nabi Muhammad SAW yang bertemu dengan silsilah istri Beliau yaitu Siti Khodijah.

Silsilah atau garis keturunan Nabi Muhammad SAW yang bertemu dengan jalur silsilah Siti Khadijah.

Jalur silsilah Nabi Muhammad SAW sebagai berikut :

Muhammad bin Abdullah bin Abdul Mutholib bin Hasyim bin Abdul Manaf bin Qushay bin Kilab bin Murrah bin Ka'ab bin Lu'ai bin Ghalib

Jalur Siti Khadijah sebagai berikut :

Khadijah binti Khuwailid bin Asad bin Abdul Uzza bin Qushay


Silsilah 25 Nabi/Rasul lengkap dapat berkunjung kesini

Image silsilah di atas diambil dari : Different side.

21 comments:

  1. dari baLongan, mengamankan pertamax duLu.
    -------------
    wah dokumentasi siLsiLahnya seperti risaLah undang-undang tembakau yang sempat hiLang tuh, kaLau begitu di amandemenkan aja Ummi dengan pasaL-pasaL baru agar pembahasannya Lebih runut dan tajam. hehehehe
    ------------
    hebat euy Babeh Ustad David (kaLo enggak saLah sebut nama), udah masuk tahun ke deLapan daLam menjaLankan puasa tersebut. kaLo si_om mah puasa senin-kamis aja kadang-kadang, itu juga kaLo Lagi insap aja.
    -----------
    oh iya, udah Lama nih enggak main ke "syareat hakekat zenbae", bukannya enggak mao mampir tapi mainnya masih rada keder suka saLah kLak-kLiknya.
    -------------
    semoga Ummi tidak terus terpuruk daLam mengingat ataupun memaknai keceLakaan waktu itu, sehingga seoLah-oLah tanpa daya Lagi daLam kehidupan ini dengan haL-haL yang bermanfaat bagi diri sendiri, agama, keLuarga, maupun orang Lain. seperti artikeL yang pernah Ummi ungkap pada postingan beberapa buLan LaLu.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih om, semoga Allah selalu memberikan kekuatan pada kita.

    ReplyDelete
  3. sama-sama Ummi, ini hanya sekedar pengingat saja untuk kita semua.
    "mengeLuh adaLah pengumuman penentu keLas pribadi (seseorang) yang sebenarnya".
    jadi dari ungkapan yang disisipi kata daLam artian kata suatu "keLuhan", maka kita dapat menafsirkan seberapa berat beban yang sedang di pikuL oLeh orang tersebut.
    karena daLam artikeL Ummi kaLi ini sedikit ada unsur seperti di atas, jadi si_om mencermatinya hanya "sejauh mata memandang" saja, karena keterbatasan daLam iLmu pengetahuan khususnya bidang keagamaan. mohon maaf biLa ada kata-kata yang kurang berkenan.

    ReplyDelete
  4. Siap om, yang membuat manusia semangat menjalani hidup karena ada harapan, harapan membuat hidup jadi semangat ...

    ReplyDelete
  5. terima kasih tuk artikelnya sob, memberi inspirasi

    ReplyDelete
  6. WOW UMI PA KABAR?

    HMM SILSILAH PELAJRAN WKTU SMP KU SAAT SEKOLAH di SMP MUH. hehhehhee

    bagus aku aja udah lupa sekarang

    ReplyDelete
  7. Hallo ummiega, alangkah lebih lengkapnya jika postingan silsilah ini disertakan dengan referensi/sumber berita :-), Thanks sudah berkunjung dini hari & silahkan berkomentar di blog saya do-follow: u comment i follow & give commentLUV.

    ReplyDelete
  8. Untuk semuanya terima kasih, saya dah kunjung balik dan mengenai sumber posting insya Allah akan disertakan karena itu penting sekali.

    ReplyDelete
  9. minta ijin copy silsilahnya ummi..

    ReplyDelete
  10. wah koq ane ga termasuk dalam silsilah???? hehehehe

    artikelnya bagus.....

    ReplyDelete
  11. Makasih ya atas informasinya, sangat bermanfaat...!!!

    ReplyDelete
  12. Owh jadi gitu ya silsilahnya,terima kasih...

    ReplyDelete
  13. emz gto ya silsilah bertemu'y nabi Muhamad dgn siti khodijah..
    nice info'y,,

    ReplyDelete
  14. owh jadi seperti silsilahnya, thanks ya atas infonya....
    di tunggu postingan berikutnya....
    semoga bisa tambah ilmu pengetahuan,,,

    ReplyDelete
  15. alhamdulillah...aku bisa lebih tau & mengerti tentang silsilah bertemunya khodiah & nabi muhammad SAW.
    sukron,,,,,,....

    ReplyDelete
  16. halo bro, saya sdh folow blogmu ini, follow balik dong

    ReplyDelete
  17. Terima kasih mas Mukti, saya sudah follow balik.

    ReplyDelete
  18. Untuk referensi, mungkin bisa dilihat di buku pelajaran Agama Islam baik SD ataupun SMP. Seingat saya dulu ada, entah sekarang.
    Anyway, nice post.
    Jazakallahu Khair.

    ReplyDelete