Friday, August 13, 2010

Puasa Nabi Daud Konsultasi Online


Bagi anda yang ingin mengetahui lebih banyak tentang Puasa Daud, Puasa Nabi Daud, Asal Usul Puasa Daud, Hadits Puasa Daud, Dasar Hukum Puasa Daud, Niat Puasa Daud, Manfaat Puasa Daud, Keutamaan Puasa Daud, Perintah Nabi Muhammad SAW Untuk Puasa Daud, Persetujuan Nabi Muhammad SAW Pada Puasa Daud, dan hal-hal yang berhubungan dengan Puasa Daud, mari berbagi.

Semoga saja akan semakin banyak umat Islam yang mengenal Puasa Daud sebagai suatu amalan sunnah seperti amalan sunnah yang lainnya.

Kami berbagi disini mensosialisasikan Puasa Daud. Semoga dengan saling berbagi informasi hal-hal yang berhubungan dengan Puasa Daud, minimal kita dapat membentengi diri kita pribadi dan keluarga dari hal-hal yang berhubungan dengan musuh nyata manusia yaitu syaitan yang selalu membisikkan keburukan dalam hati kita.



Sumber Referensi Puasa Nabi Daud AS :Majelis Puasa Daud.

Kontributor : Rusdi Haya

Pertanyaan, komentar, atau saran bersifat pribadi tentang Puasa Daud, silahkan disini. Terima kasih.

212 comments:

  1. puasa nabi daud? ehmm jadi pengen nyoba ah

    ReplyDelete
  2. Silahkan mas Samsul, nanti juga akan bertemu dengan teman-teman yang melakukan puasa Daud juga.

    ReplyDelete
  3. emmm,,, kalo gak salah, puasa daud itu, sehari puasa sehari gak ya kang?
    hari ini puasa, besok gak, besoknya lagi puasa, trus besoknya lagi gak, gitu seterusnya

    benar gak kang?

    ReplyDelete
  4. blogwalking here friend .. nice post

    ReplyDelete
  5. terimakasih sharing ilmunya, kepingin amalan yg seperti itu, namun masih kebanyakan kata "tapi.."
    :(

    ReplyDelete
  6. @Sukadi, yang penting sudah ada niat, adapun realisasinya, biarlah Allah Yang Maha Kuasa yang menentukan.

    ReplyDelete
  7. pagi kang...
    aby mampir lagi
    pagi yang cerahj dan panas..

    ReplyDelete
  8. Mungkin untuk puasa seperti nabi Daud akan saya coba untuk melakukannya tapi untuk sekarang kita berpuasa ramadhan dulu betul tidak ummi.....

    Selamat siang umi selamat beristirahat
    mf br bs brkujung

    ReplyDelete
  9. jujur, akoey belum pernah, ummi...
    senen kemis aja masih malas.. hmm..
    tp niat itu slalu ada, Insya Allah..
    makasih ummi mengingatkan. :-)

    ReplyDelete
  10. hehe ga banyak juga kok boz .. maaf dah bikin sobat ga senang di waktu koment di site saya .. ada memang beberapa IP yang di blok oleh php site saya ... makanya saya kasih 2 tempat koment anda bisa koment di form yang bawahan kok mas... mohon maaf x lagi atas ketidak nyamanannya

    ReplyDelete
  11. puasa Daud sepertinya bagus buat saya yang masih bujang ini ... tapi kendalanya adalah rasa malas yang sering menghantui
    puasa senin-kamis saja saya sering bolong2 terkadang malah 1 bulan tidak sama sekali
    doakan saja saya bisa melakukan amalan ini
    dan tentunya saya akan berusaha, mungkin setelah Ramadhan ini saya akan mencoba pelan2

    ReplyDelete
  12. Tolong mbesok paska lebaran, posting lagi tentang puasa daud ya... hiks! pingin lagi, dulu pernah tapi brenti... [bener lho. saya tunggu !]

    ReplyDelete
  13. Assalaamu'alaikum, maaf nih Ummie. sy baru aja gabung. cm coment aja. sedikit memang ket. tentng shaum Daud. Rasul pernah membolehkannya tatkala Al Qur-an blm diturunkan seluruhnya. setelh Al Qur-an lengkp (Madinatul Munawarah), malah yg dicontohkan Rasulullah adalah shaum Inti bln Ramadhan, shaum pada hari2 tertentu, dan selebihnya adalah shaum senin dan kamis. mhn tanggapannya, wassalam...

    ReplyDelete
  14. @Ries Nandar, terima kasih sudah meluangkan waktu untuk mengetahui lebih banyak tentang puasa Daud. Jawaban dari pertanyaan tersebut sebagai berikut :
    Dari Abdulloh bin ‘Amru bin ‘Ash r.a., katanya

    Rosululloh SAW bersabda kepadanya:”Wahai Abdulloh! Benarkah kabar orang kepadaku, bahwa engkau puasa sepanjang siang dan bangun untuk sholat sepanjang malam?”

    Jawabku,”Benar, ya, Rosululloh!”

    Sabda Nabi SAW,”Janganlah engkau lakukan lagi. Puasalah sehari dan berbuka sehari. Bangunlah dan tidurlah! Sesungguhnya tubuhmu mempunyai hak atasmu, matamu mempunyai hak atasmu, istrimu mempunyai hak atasmu, dan tamumu mempunyai hak atasmu. Dan sesungguhnya cukuplah kiranya jika engkau puasa tiap-tiap bulan tiga hari. Maka untuk setiap kebaikanmu akan di balas sepuluh kali lipat. Sesungguhnya yang demikian itu sama dengan puasa sepanjang masa.

    Karena aku minta diperbanyak, maka diperbanyak untukku.

    Aku berkata,”Ya, Rosululloh! Sesungguhnya aku sanggup.

    Jawab Nabi SAW,”Puuasalah seperti puasa Nabi Dawud ‘Alaihi Salam, dan jangan engkau lebih dari itu.”

    Tanyaku,”Bagaimana puasa Nabi Dawud ‘Alaihi Salam?”

    Sabda Beliau,”Seperdua masa.”

    Setelah masa tuanya, Abdulloh berkata,”Wahai kiranya, saya terima kelonggaran dari Nabi SAW.”

    I. Sahabat Rosulullah SAW yang bernama Abdullah bin Amr bin Al Ash, yang ghirah—mempunyai keinginan kuat untuk beribadah, diperintahkan oleh Rosulullah SAW untuk menjalankan puasa sunnah yang terbaik, yaitu puasa Nabi Daud AS.

    II. Rosulullah SAW sendiri tidak melakukan puasa Nabi Daud AS ini. Dalam ilmu hadits dikenal “Bentuk-bentuk Hadits”, sebagai berikut:

    1. Hadits Qouli: segala yang disandarkan kepada Nabi SAW yang berupa perkataan atau ucapan yang memuat berbagai maksud syara’, peristiwa, dan keadaan, baik yang berkaitan dengan aqidah, syari’ah, akhlak, maupun lainnya.
    2. Hadits Fi’li: segala yang disandarkan kepada Nabi SAW yang berupa perbuatannya yang sampai kepada kita.
    3. Hadits Taqriri: segala hadits yang berupa ketetapan Nabi SAW terhadap apa yang datang dari sahabatnya. Nabi SAW membiarkan suatu perbuatan yang dilakukan oleh para sahabat setelah memenuhi beberapa syarat, baik mengenai pelakunya maupun perbuatannya.
    4. Hadits Hammi: hadits yang berupa hasrat Nabi SAW yang belum terealisasikan.
    5. Hadits Ahwâli: hadits yang berupa hal ihwal Nabi SAW menyangkut keadaan fisik, sifat-sifat dan kepribadiannya.

    Dalam kasus puasa Nabi Daud AS, inilah yang termasuk dalam “Hadits Tagriri”.

    ReplyDelete
  15. @ummiega: semakin memberi gambaran pada saya, terimakasih ya... semoga menjadi catatan amal di bulan ramdhan ini... amin

    ReplyDelete
  16. mengenai puasa Daud untuk sementara Om Rame baru bisa menyerap apa yang Ummi sampaikan, adapun untuk mensosiaLisasikannya si Om masih harus masih harus banyak pertimbangan. haL tersebut karena memang si Om beLum pernah mengapLikasikan, sehingga beLum berani untuk menyuarakannya, khawatir si Om tergoLong daLam istiLah (maaf) caLo.
    mungkin saat ini sedang dikaji Lebih daLam untuk mensosiaLisasikannya dengan metode si Om sendiri, atau mungkin Ummi ada masukan?. misaLnya, sah-sah aja biarpun beLum pernah meLaksanakan tetapi baik untuk disampaikan. mohon pencerahan.

    ReplyDelete
  17. @Om Rame, menyampaikan kebaikan adalah kewajiban terlepas kita sudah melakukan atau belum kebaikan tersebut tergantung kondisi atau keadaan. Untuk kasus tertentu memang ketika menyampaikan sesuatu, si penyampai tersebut harus sudah melakukannya, namun dalam masalah puasa Daud, tidak masalah untuk menyampaikan kepada siapapun yang belum mengetahui, kan ini sunnah, anggaplah seperti sunnah lainnya.

    ReplyDelete
  18. Dapatkan akses melihat Cek Hilal secara Online.Dapatkan akses untuk mengetahui Dalil Berpuasa dalam Bulan Ramadhan , berikut metode cara menentukan Hilal dan Syawal .

    Kami juga memfasilitasi bagi kawan - kawan yang mendapatkan tugas Pidato Menyambut Bulan Ramadhan , semuanya ada di GudangMateri.com

    ReplyDelete
  19. Alhamdulillah. makasih atas penjelasannya Ummie. tapi maaf sebelumnya, jika pertanyaan sy berikutnya agak kritis. maklumlah Ummie, namanya jg mau cari yg benar utk memperbaiki diri. wassalam.

    ReplyDelete
  20. @Achmad Zulfikar, terima kasih infonya, saya yakin bermanfaat. @Ries Nandar, alhamdulillah... memang kita tidak diperkenankan mengikuti sesuatu tanpa mengetahui dengan jelas. Oh, ya.. mengapa blog mas Ries tidak aktif?

    ReplyDelete
  21. baik Ummi, dapat dipahami maksudnya. secara bertahap diupayakan untuk menyusun konsepnya secara maksimaL sesuai dengan kapasitas.

    ReplyDelete
  22. @Om Rame, terima kasih, hanya Allah yang dapat membalas kebaikan sekecil apapun yang kita lakukan.

    ReplyDelete
  23. semoga apa yang umi lakukan ini bisa mendapatkan pahala yang setimpal dariNYA ☺

    ReplyDelete
  24. Aku Udah Pernah Nyoba Ngelakuin Puasa Daud, tapi cuman bertahan 3 Bulan ajja, Efeknya memang Luar Biasa...!!! cuman Cobaannya juga Luar Biasa Banget sih... Gak Percaya..?? Buktikan Ajja...!!!

    Buat yang Pengen Berwibawa dan Wajah Keluar Aura Positif dan Bercahaya saya sarankan melakukan Puasa Ini,..

    ReplyDelete
  25. Salam Kenal Buat Ummiega, dan di tunggu Kunjungan Silaturahmi nya..

    Reff dari blognya : Om Rame

    ReplyDelete
  26. dasar disyariatkan puasa daud adalah sabda Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- kepada salah seorang sahabatnya :

    فَصُمْ صَوْمَ دَاوُدَ عَلَيْهِ السَّلَام وَكَانَ يَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا

    Artinya : "Maka puasalah seperti puasa Daud -'alaihissalam- yaitu satu hari puasa satu hari berbuka." (HR Bukhori, Muslim, Ahmad dan An-Nasai)

    ReplyDelete
  27. @Artikel Islam, terima kasih. Pada masa Rosululloh SAW, pelaku pertama puasa Daud adalah sahabat Abdullah bin Amr bin Al Ash.

    ReplyDelete
  28. amien, semoga banyak yang terilhami yaak... mungkin bisa diulas juga tentang manfaatnya ^^

    ReplyDelete
  29. @Gaphe, Manfaat puasa Daud berdasarkan pengamatan ke diri saya pribadi maupun saudara dan teman-teman yang melakukan puasa Daud akan berbeda-beda. Tapi ciri fundamental terlihat ketika menginjak bulan ke enam dan setelahnya. Biasanya berdampak positif pada segi material dan spiritual disamping kesehatan tentunya. Terima kasih atas pertanyaannya.

    ReplyDelete
  30. Sharing....
    Memang puasa nabi Daud sangat bermanfaat. Saya sdh merasakannya terutama dr segi mental. Misal, dlm situasi buruk sekalipun selalu ada ketenangan 'aneh' in the bottom of my heart..
    Sampai sekarang pun saya masih heran,karena pernah dalam kepanikan yang luar biasa, sebagian hati kecil saya seakan menganggap 'itu bkn apa2, tdk akan berdampak apa2, akan ada jln keluar'. Dan benar saja, pertolongan itu datang dr arah yang tak pernah sy duga. Subhanallah....

    ReplyDelete
  31. @Media sharing, salah satu manfa'at puasa Daud diantaranya seperti itu. Terima kasih sharingnya.

    ReplyDelete
  32. terimakasih Ummie ^_^ dikunjungi saat malam menjelang subuh....lagi sahur ya ummie?...semoga kami pun mendapat berkahnya...

    ReplyDelete
  33. Insya Allah, makasih yaa Kang Ilmunya...

    ReplyDelete
  34. asswrwb...kl seumpana menerapkannya, tdk dlm jangka wkt yg lama afdolkah?...mis: 1 bulan menerapkan, lalu absen, lalu menerapkan lg..spt itu,bgmn hukumnya?..trims...

    ReplyDelete
  35. @Astra, terima kasih kembali.
    @mba Tiwi, puasa Daud hukumnya sunnah, jadi tidak masalah bila sekehendak hati dilakukan asal jangan berpuasa Daud pada hari-hari yang diharamkan untuk berpuasa. Terima kasih, mba Tiwi.

    ReplyDelete
  36. asswrwb..mhn maaf tanya2 lg nih..apa manfaatnya puasa Daud yg utama selain tentu sj u meningkatkan kesehatan?....Krn trs trg sj, akhir2 ini sy merasa sy melakukan ibadah lbh drpd masa lalu krn pengaruh mengikuti pola ibadah suami yg mmg lbh drpd sy, tp woww, ujiannya dan cobaanya kok brt skl ya...sampai2 sy merasa jd org biasa2 sj spy cobaan dan ujian jg biasa2...bgmn menurut ummiega?..trims...

    ReplyDelete
  37. @Sell original software, silahkan sesuka hati.
    @Mba Tiwi, tentunya kita yang sudah berkeluarga menyadari dalam menjalani kehidupan ini tidak akan lepas dari ujian Allah, baik ujian yang menyenangkan ataupun yang tidak, dan diharapkan dengan kebiasaan berpuasa ini mental kita akan lebih tenang menyikapinya. Bersyukurlah mba Tiwi, bila suami membimbing dan mencontoh pada kebaikan. Sayapun berpuasa karena kebiasaan suami yang berpuasa.

    ReplyDelete
  38. puasa apapun yg penting kita melakukannya dengan ikhlas karena Allah

    ReplyDelete
  39. Aku udah pernah denger neh puasa nabi daud...mamahku yang cerita..jadi pengen tau neh jelasnya gimana...thanks yah udah share

    ReplyDelete
  40. aku mencintai puasa ini, selain kontrol emosi, maksiat ringan jg bagiku klo byk tambahan ibadah Allah jg akan smkin perhatian sama kita, minimal ga malu mengharap pertolongan bila kesusahan ekonomi biasanya, bila kewajiban sdh ditunaikan apalagi lebih kayaknya pantes mengharap pertolongannya, pendapatku ya... dulu pernah 1 th lebih jalanin trus badan jd kurus bini marah2, aku ganti senin kamis tp rasanya ga puas sebab ga byk yg bisa ngelakuinnya. Allah memberi jalan skr aku gemuk jadi walaupun puasa daud ga ngaruh. stl lebaran puasa sawal trus lanjut ke puasa daud hingga skr. bagiku yg bisa tolong masalahku cmn Allah mk aku hrs mendekati yg empunya masalah. bukankah puasa ibadah antara pelaku dan tuhannya langsung?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Subhanallah....tetap istiqomah

      salam dari kami di manado

      Delete
  41. Ass. Umi..salam kenal! Saya kemarin udah mencoba, mulainya senin.berarti selasa engga kan? trus rabu puasa..kamis engga ya?? tapi kamis saya pengen puasa senin-kamis! Boleh ga kalo kita lagi puasa daud, kita puasa senin-kamis juga (maksudnya: harusnya senin dan kamis jadwal ga puasa daud, tapi karena pengen puasa senin kamis, jadinya puasa!). Mohon penjelasan Ummi!

    ReplyDelete
  42. @mba Popi, puasa daud dan puasa senin kamis adalah amalan sunnah, jadi terserah sekemampuan kita. Tapi yang biasa kami lakukan adalah ketika puasa daud maka tidak melakukan puasa senin kamis. Lebih jelasnya silahkan cek kembali hadits asal usul puasa daud, dimana terjadi dialog antara Rosululloh SAW dengan Abdulloh bin Amr bin Al Ash. Hadits saya posting menjawab pertanyaan Ries Nandar. Terima kasih untuk pertanyaannya.

    ReplyDelete
  43. ASs. Ummi..nanya lagi nih! Apakah puasa daud tidak boleh terputus? mengingat seringkali kita mendapat undangan yang jatuhnya pas kita sedang menjalankan puasa daud (misal sabtu/minggu). Dan bagi kaum wanita pasti diselingi oleh haid. terima kasih sebelumnya!

    ReplyDelete
  44. Resiko yang sering dihadapi pelaku puasa Daud adalah kadang diundang untuk acara resepsi dimana harus menyantap sajian, disitu tergantung trik kita masing-masing, bila orang yang mempunyai hajat sudah tahu kita melakukan puasa Daud, itu tidak masalah bila kita tidak ikut menyantap hidangan, namun bila orang yang mempunyai hajat tidak tahu kita melakukan puasa Daud, ada beberapa cara, diantaranya berterus terang bahwa kita sedang berpuasa Daud. Puasa Daud afdolnya memang diselang sehari.Wanita yang sedang haid tentunya saja tidak diperbolehkan melakukan puasa Daud, namun bila haid selesai, bisa kembali melakukan puasa Daud.

    ReplyDelete
  45. walaupun saya kini bukan muslim, tetapi saya pernah belajar Islam dari TK-SMP, coz itu sekolah Islam.

    Baru tahu saya ada puasa Daud.

    Salam kenal, saya datang dari blognya om blogernas n om rame.

    ReplyDelete
  46. Mas Vampire 1721, terima kasih atas kunjungannya dan terima kasih juga untuk om Rame dan Bloggernas.

    ReplyDelete
  47. Melaksanakan amalan puasa daud, awalnya memang terasa sangat berat bagi saya. Tapi setelah berjalan hampir setahun, Alhamdulillah jadi ringan juga....
    -rasa lapar-haus ? nggak juga
    -badan terasa lemas, iya sedikit !
    -badan jadi kurus ? nggak juga ...berat
    badanku tetap stabil tuh ! (Alhamdulillah)
    Wassalam (Adika)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Subhanallah.....tetap istiqomah

      Salam dari kami di Manado Rusdy

      Delete
  48. Assalamu alaikum. Fadli Abdullah (Hamba Alloh)ijin numpang berbagi ilmu dan pengalaman hehehe :)

    "Akhabbu shiyami ilallohi azza wa jalla shiyamu daud alaihi wassalam. Kaana yashumu yauman wa yuftiru yauman. Wa akhabbu sholati ilallohi sholatu daud. Kana yanamu nisfu laili wa yaqumu tsulusuhu wa yanamu sudusuhu." (HR An Nasai jus 3)

    "Lebih dicintainya puasa (sunah) oleh Alloh Azza Wa Jalla yaitu puasanya Daud Alaihi Salam. Dia berpuasa sehari dan tidak berpuasa sehari. Dan lebih dicintainya sholat (sunah)oleh Alloh yaitu sholatnya Daud. Dia tidur separuh malam, bangun (untuk solat lail/tahajud)1/3 malam (yg akhir) dan 1/6nya kembali tidur.

    Memang prakteknya berat bahkan lebih berat dari puasa Ramadhan (kan ada temennya juga ikut puasa),tidak semua orang mau dan mampu melaksanakannya. Disaat orang lain enak enak makan eh kita puasa.Berat tidaknya tergantung niatnya.Tapi kalau niatnya kuat insya Alloh bisa. Setiap niat baik anak turun Adam diberi 1 pahala kebaikan, apalagi mengamalkannya akan diberi pahala 10 kali pahala kebaikan. Manfaatnya jelas banyak, pahala dah jelas (kalikan aja 10), tempramental lebih tenang (krn tiap hari sabar), badan sehat (pencernaan banyak waktu istirahatnya, tidak digunakan terus menerus buat menggilas makanan),lebih sering merasakan kenikmatan (makan ketika lapar rasanya uennak banget),pikiran jadi lebih tajam dan fokus (coba aja makan sampai terasa perut mau meletus, sesudahnya makan bawaannya ngantuk aja), doanya mustajab dikabulkan, kalau masuk surga masuk lewat pintu surga yang khusus yaitu pintu Royyan.Dan masih banyak lagi manfaatnya.Buat kaum wanita, ketimbang diet untuk dapat berat badan yang proposional, mending puasa Daud. Sudah dapat pahala, sehat lagi.

    Siangnya puasa terus malamnya Tahajud, insya Alloh jadi hamba yang istimewa dihadapan Alloh. Kalau dah istimewa apapun yang mustahil bisa jadi mungkin.

    Contohnya Nabi Daud (David kalau Yahudi Nasrani) yang waktu kecil (kira kira 12 tahun) bisa ngalahin Jalut (Goliath)yang berbadan kayak raksasa cuma dengan dilempar pake batu kecil.

    Adapun mana yang lebih bagus puasa Daud dengan puasa senin kemis. Itu diserahkan masing masing.Jangan saling menyalahkan.Nabi kita Muhammad SAW sudah bersabda begitu dan mengamalkannya,kita tinggal meniru saja.Mengerjakan ibadah sak pol kemampuan kita (sebatas kemampuan terbaik kita), menjauhi larangan agama harus sejauh sejauhnya.Intinya agama itu mudah.Banyak pilihan.Kalau gak bisa puasa Daud ya puasa senin kamis. Yang penting niatnya yaitu Karena Alloh,mencari pahala. Demikian semoga memberi banyak manfaat bagi kita. Aminn... Alhamdulillah Jaza Kumullahu Khoiro. Wassalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Subhanallah.....semoga bernilai ibadah, Aamiin

      salam dari kami di Manado Rusdy Haya

      Delete
  49. ummi, kalo niat puasa daud sambil diet, gak boleh ya...???

    ReplyDelete
  50. @mama davy, boleh saja, yang penting niatnya yang baik-baik. Khan segala amal tergantung niat.

    ReplyDelete
  51. Semoga dengan sering melakukan puasa termasuk puasa Nabi Daud semakin melembutkan hati orang yang menjalankannya. Amien, Ya Allah..

    ReplyDelete
  52. assalamu'alaikum, mau nanya ni ummi..
    saya baru mau nyoba melaksanakan puasa daud,
    puasa daud kan sehari puasa sehari nggak kan, kalo misalnya pas hari rabu puasa, kamis nggak, trus jumat diperbolehkan puasa gak. .
    makasih

    ReplyDelete
  53. @Ari, apabila mengkususkan puasa pada hari jum'at tidak diperbolehkan, kecuali bila sudah terbiasa berpuasa pada hari-hari sebelumnya. Contohnya pelaku puasa daud seumpama minggu ini pada hari jum'at jadwal daudnya libur pada hari jum'at, otomatis jum'at depan akan jatuh berpuasa pada hari jum'at. Nah, ini diperbolehkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti, senin puasa-selasa tidak-rabu puasa-kamis tidak-jum'at puasa-sabtu tidak-ahad puasa-senin tidak.....begitu ya seterusnya mas.
      jadi jum'at ini puasa lalu jum'at depan tidak,begitu ya ? bukannya Nabi melarang puasa hari jum'at, bagaimana ?mhon pencerahannya enggh

      Delete
  54. Ketahui manfa'at puasa Daud yang diterangkan oleh Rosululloh SAW.

    ReplyDelete
  55. dulu, habis sma, saya alhamdulillah puasa dawud sampe 2 taunan.
    saya berhenti (hehe :) karena pengin puasa senin-kamis. yah, ternyata puasa senin-kamis berat banget, baru berapa bulan atau minggu tuh ya, susah nerusin lagi.
    setelah saya timbang2, prestasi puasa senin-kamis saya tak sebagus puasa dawud saya.
    akhirnya saya memutuskan untuk puasa dawud lagi (puasa senin-kamis berat banget buat saya [dalam menjaga istiqmahnya]).

    alhamdulillah, dah setaun lebih (semoga tetap lancar).

    ReplyDelete
  56. @Mas Sigit, semoga selalu diberi kemudahan dan kelancaran dalam menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya.

    ReplyDelete
  57. amin, terima kasih ummi.

    pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimana meningkatkan kualitas puasa dawud kita?

    ReplyDelete
  58. @Mas Sigit. Meningkatkan kualitas puasa Daud tentunya dengan semakin banyak membaca dan mengkaji serta mengamalkan isi dari Al Qur'an. Karena badan orang yang berpuasa diibaratkan sebuah gelas adalah gelas yang bersih, tinggal diberi isinya yaitu Al Qur'an.

    ReplyDelete
  59. itulah yang kurang dari saya, ummi.
    paling banter 2 ruku', udah.
    huhu...

    ReplyDelete
  60. puasa nabi Daud itu batasannya brp hari y?? misal niy niat puasa nabi Daud cm 2mggu gtu bs??

    ReplyDelete
  61. Batasan puasa nabi Daud tidak ada ketentuannya jadi diserahkan pada niat orang yang berpuasa Daud tersebut. Bisa jangka pendek, menengah, atau jangka panjang. Yang perlu diingat puasa Daud adalah puasa Sunnah, jadi jangan sampai dengan puasa Daud ini malah memberatkan orang yang berpuasa Daud tersebut.

    ReplyDelete
  62. yg penting niat yg tulus krna alloh

    ReplyDelete
  63. pa kabar ummi?

    saya lagi belajar bikin blog nih.
    mohon doa dan bantuan. :)

    makasih

    ReplyDelete
  64. aslm..
    sya sdg bljr mngamalkn shaum daud..
    yg sya tanyakan,
    jika sninnya puasa, slasa ga.
    rabu puasa, kamis ga.
    jumat puasa, sabtu ga.
    hr minggu puasa, snin ga..
    gimana klw pas hr minggux ga puasa, lalu mulai lg hr snin puasax. apa boleh?
    syukron katsir sblumx..

    ReplyDelete
  65. @mas Sigit, insya Allah berkunjung ke blog mas Sigit.
    @si pengemis ilmu, tidak masalah kapan dimulainya lagi hari puasa Daud. Namun dari istiqomah disiplin berpuasa Daud insya Allah ada sesuatu yang bermanfaat yang hanya dapat dirasakan oleh sipelaku puasa Daud tersebut.

    ReplyDelete
  66. Berkunjung untuk nambah ilmu tentang puasa daud, nice post, good blog.

    ReplyDelete
  67. Sudah menjalankan 3 hari puasa Daud alhamdulilah, sekadar sharing za nih sy termasuk orang yg gampang sakit2an dan pernah pula kena panyakit yang cukup berat sampai masuk rumah sakit, sekitar 6 bulan mengerjakan puasa Daud dengan Istiqomah alhamdulilah malah jadi sehat padahal pernah suatu kali kondisi badan sy lg drop malah sy paksakan puasa dan sembuh dengan sendirinya (dg kekuasaan Allah tentunya) sy jg ga ngerti kok bz ya begitu tp itu lah kenyataannya disamping itu juga hati terasa lebh tentram. terus abis ramadhan sy ga bz iztiqomah puasa Daud malah beberapa kali jadi sakit. sekarang udah 3 hari ini memulai istiqomah lagi puasa nabi Daud, tolong doakan ya
    Hamba Allah di Tangerang.

    ReplyDelete
  68. @mas Anton Wijya, terima kasih kunjungannya dan untuk hamba Allah dari tangerang, semoga Allah selalu menganugerahi kesehatan dan rezeki yang berlimpah dan berkah dan untuk pa Harun dari Kalimantan Barat, pontianak katanya sering berkunjung ke blog ini, silahkan sharing tentang puasa Daudnya dan juga teman pa Harun yang berpuasa Daud sudah sekitar 15 tahun dari Sulawesi dimohon bisa sharing disini. Semoga bermanfa'at.

    ReplyDelete
  69. saat semua tengelam dgan dinginya malam .....tak ad yg nampak dalam kegelapan hanya cinta yg bisa membawa terbang ke sebua tempat dalam kesunyian seberkas cahaya yg menyinari qolbu satu cahaya yg terang yg bisa membuatmu tersenyum

    pengembara cinta

    ReplyDelete
  70. kesunyian yg menyentu relung hati yg menyaayat jiwa air mata yg tercurah dan kesedian penuh duka hanya tuk sllalu mengingatmu dan ku coba dendangn lagu senandung rindu dan menebar senyuman rasa kehausan dahaga perjumpaan hanya bayanganmu yg slalu ku ikat dalam Qolbu yg bersembunyi dalam keheningan malam yyg menyimpan misteri kehidupan

    ReplyDelete
  71. bibit gaharu Aquilaria Malaccensis, Aquilaria Microcarpa asli kalimantan
    Jual bibit gaharuh dari indukan yg sudah berumur 50 thun siap antar seluruh Indonesia tinggi 20 sampai 50 cm harga 2000 / bibit stok kami saat ini ada 700 rb dan anakan tinggi 5 sampai 15 cm harga 1200

    ReplyDelete
  72. bibit gaharu Aquilaria Malaccensis, Aquilaria Microcarpa asli kalimantan
    Jual bibit gaharuh dari indukan yg sudah berumur 50 thun siap antar seluruh Indonesia tinggi 20 sampai 50 cm harga 2000 / bibit stok kami saat ini ada 700 rb dan anakan tinggi 5 sampai 15 cm harga 1200

    ReplyDelete
  73. bibit gaharu Aquilaria Malaccensis, Aquilaria Microcarpa asli kalimantan
    Jual bibit gaharuh dari indukan yg sudah berumur 50 thun siap antar seluruh Indonesia tinggi 20 sampai 50 cm harga 2000 / bibit stok kami saat ini ada 700 rb dan anakan tinggi 5 sampai 15 cm harga 1200

    ReplyDelete
  74. Gaharu adalah sejenis kayu dengan berbagai bentuk dan warna yang khas, memiliki kandungan damar wangi, berasal dari pohon atau bagian pohon penghasil gaharu, sebagai akibat dari proses infeksi yang terjadi secara alami atau buatan pada pohon Aguilaria sp (Thymelaeaceae).

    Harga 1 Batang Pohon Agarwood bisa mencapai beberapa ribu dollar USD per kilogram, makanya Pohon Ini disebut sebagai “POHON YANG SANGAT MAHAL DI DUNIA – ”MOST EXPENSIVE TREES IN THE WORLD”

    Setelah Penyulingan Harga Minyak Gaharu Bisa Mencapai Sekitar USD 5,000 ~ USD 10,000/kg dan Setelah Dibuat Menjadi Cairan Extract Harganya Mampu Mencapai Lebih Dari USD 30,000 atau Rp. 300.000.000,- / Liter.


    Manfaat Agarwood

    1.Aktivitas Kebudayaan - Islam, Budha, Hindu
    2.Perayaan Keagamaan - Kebanyakan di Negara Islam dan Arab
    3.Wangi Parfum - Wanginya Tahan Lama Banyak Diminati di Negara Eropa Seperti Daerah Yves Saint Laurent, Zeenat dan Amourage
    4.Aroma Terapi - Menyegarkan Tubuh, Perayaan dan Undangan
    5.Kecantikan - Sabun, Shampo Yang Harum Semerbak
    6.Obat & Kesehatan - Biasa Digunakan di Pengobatan Tradisional Khususnya Dinegara China dan Jepang
    7.Koleksi Pribadi - Untuk Ruangan Besar Khusus Eksklusif




    Beberapa contoh barang jadi hasil dari kayu gaharu (agarwood)



    Kebutuhan Agarwood Dunia

    Kebutuhan dunia akan agarwood atau gaharu terus meningkat. Menurut statistik, Indonesia yang pada tahun 1995 menjadi pengexport gaharu yang cukup besar, kini nilai exportnya semakin menurun.

    Mengingat permintaan dunia akan agarwood yang terus meningkat, maka proyek Pengembangan Agarwood sangat menguntungkan ”Investment for Highest Profit”

    ReplyDelete
  75. bibit gaharu Aquilaria Malaccensis, Aquilaria Microcarpa asli kalimantan

    Jual bibit gaharuh dari indukan yg sudah berumur 50 thun siap antar seluruh Indonesia tinggi 20 sampai 50 cm harga 2000 / bibit stok kami saat ini ada 700 rb dan anakan tinggi 5 sampai 15 cm harga 1200 / bibit

    ReplyDelete
  76. saya uda melaksanakan puasa sunnah senin kamis, dan saya ingin mencoba melaksanakan puasa daud. gimana ya cara pelaksanaannya??

    ReplyDelete
  77. @Anonymous, silahkan kapan waktu puasa Daud dapat dilaksanakan asal jangan pada hari yang haram untuk berpuasa.

    ReplyDelete
  78. assallamualaykum. saat ini saya baru memulai lagi puasa daud sudah berjalan 1 bulan>
    Dulu saya pernah melaksanakan puasa daud serta tahajut secara istiqomah ( saat itu kondisi saya sdng drop secara materi ), saya coba istiqomah saat itu, hanya dlm hitungan tdk sampai 6 bln, allah mengembalikan materi saya dan bahkan semua doa2 saya dikabulkan.mulai dari materi, jodoh, kedudukan.sampai2 saya ngeri, malu pada allah akan kenyataan yg saya terima saat itu. kini saya berniat istiqomah lagi puasa daud sepanjang idup saya.mhn doanya.wassallam

    ReplyDelete
  79. Assalamualaikum...saat ini saya mulai belajar puasa nabi daud, udah berjalan hampir 2 bulan, tapi udah bolong 2 kali, karna saya gak kuat menahan godaan terutama dari istri saya...., itu gimana? terus karena pekerjaan saya yang membutuhkan fisik yang prima (saya aparat keamanan) saya harus gimana (satu sisi saya pingin puasa nabi daud disisi lain saya takut mengganggu pekerjaan saya), mohon petunjuk..., hari-hari yang diharamkan puasa itu hari apa saja ya.... wassalam...

    ReplyDelete
  80. alhamdulillah...udah mulai walau baru senen kamis...

    thanks infonya ummi...

    ReplyDelete
  81. Semoga Allah selalu memberi kekuatan dan kemudahan bagi yang melaksanakan puasa Daud dan mengabulkan segala doa yang dipanjatkan. Adapun yang berpuasa Daud apabila profesi pekerjaan memerlukan energi yang besar, untuk tidak memaksakan diri. Boleh melaksanakan puasa Senin dan Kamis atau puasa 3 hari sebulan. Intinya, jangan sampai dengan puasa Daud ini menjadi mudorot bagi pelakunya. Hari-hari haram berpuasa diantaranya 2 hari raya dan hari-hari tasriq, silahkan lebih jelasnya cek ke Majelis Puasa Daud.
    @Abangjo, semoga dapat istiqomah. Aamiin.

    ReplyDelete
  82. Asslamualaikum,,,
    mas mu tanya,kan klo puasa senin kamis itu sunat ya, tapi klo kita puasanya cuma hari senin aja gimana,kamisnya tuh kebetulan ada olahraga di sekolah,karena takut gak kuat jadi gimana tuh..??
    mohon penjelasannya..

    ReplyDelete
  83. thanks atas infonya,sangat bermanfaat sekali,,,
    saya kan coba menjalani puasa sunat sediki-sedikit,mudah-mudahan kesana nya jadi terbiasa..

    ReplyDelete
  84. Klo puasa nabi Daud as tuh selang satu hari ya..

    ReplyDelete
  85. saya jg selalu pngent melakukan puasa sunat,,
    v pling bru puasa senin kamis.

    ReplyDelete
  86. Askum . . .
    ni mau tanya ?
    saya pernah denger klw rosulullah hanya melaksanakan puasa daud sekali seumur hidupnya . .
    Beliau lebih mengutamakan puasa senin kamis . .

    Apa ungkapan itu bener ?
    Mohon penjelasannya

    ReplyDelete
  87. alhamdulilah saya termasuk yang melakukan puasa daud, diantara yg memberikan semangat adalah blog ini juga. dan sekarang sy amat berminat selain puasa daud juga mengerjakan puasa yaumul bidh pada tanggal 13 14 dan 15 bulan hijriah. jika puasa daud terakhir tanggal 11 maka saya niatkan tanggal 13 dan 15 sekaligus dua2nya (puasa daud dan yaumul bidh). kemudian lanjut lagi tanggal 17 jadi tetap selang-seling 11 13 15 17 dst tapi juga sekaligus puasa yaumul bidh. YANG SAYA TANYAKAN ADALAH kalau puasa daud terakhir kita tanggal 12 kemudian yaumul bidh 13 14 15 maka secara logika kalau tetap ingin puasa daud kan berarti lanjut lagi tanggal 16 bener atau tidak? jadi kita puasanya 5 hari berturut-turut yakni 12,13,14,15,16? mohon pemahamannya, makasih jazakumuloh khairon katsiro..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti tertulis dalam sebuah hadis tentang puasa Dawud kan ibadah sunnah ini yang terberat dan diperkenankan oleh baginda Nabi saw. ini berarti kalau sudah melaksanakan puasa Dawud ya tak usah berpuasa sunnah yang lain.Bila demikian apa tidak menyalahi aturan Nabi saw yang melarang memperberat amal ibadah sunnah?,........

      Delete
  88. wah kebiasaan yang baik tuh puasa ala King David (nabi daud)

    ReplyDelete
  89. @Perbandingan, terima kasih. Yang saya ketahui bahwa Rosululloh SAW tidak pernah berpuasa Daud, hanya menyarankan kepada sahabat Abdulloh bin Amr bin Al Ash untuk berpuasa Daud. Silahkan cek kembali hadits asal usul puasa Daud pada Majelis Puasa Daud. Adapun antara Puasa Daud dan Puasa Putih atau Bidh, bila kita cermati dari hadits yang terjadi pada sahabat Abdulloh bin Amr bin Al Ash, maka beliau mampu puasa bidh dan ingin ditambah, maka Rosululloh SAW menyarankan untuk puasa Daud. Jadi, intinya orang yang berpuasa Daud tidak berpuasa Bidh atau puasa 3 hari sebulan, namun syah-syah saja bila ingin melakukannya.

    ReplyDelete
  90. Pa kabar ummi?
    Saya membuat page di facebook mengenai puasa daud

    http://www.facebook.com/pages/Puasa-Daud-Yuk/210970465601952

    di like ya ummi, :)
    Sukron...

    ReplyDelete
  91. @Mas Sigit, alhamdulillah sudah di like Puasa Daud Yuknya.
    Untuk semua komentar yang belum atau tidak dijawab mohon maaf.

    ReplyDelete
  92. tanks, atas berbagi ilmunya,,dulu pas waktu SMA temen saya juga banyak yang Puasa Daud,,tapi kayaknya sekarang masih libur,,rata2 cuma kuat 2-3 Th..he2,,tp udah ocre banget..

    ReplyDelete
  93. tanks, atas berbagi ilmunya,,dulu pas waktu SMA temen saya juga banyak yang Puasa Daud,,tapi kayaknya sekarang masih libur,,rata2 cuma kuat 2-3 Th..he2,,tp udah ocre banget..

    ReplyDelete
  94. http://senandung-suarahati.blogspot.com/2011/07/definisi-iddah-meminang-dan-hak-mahar.html

    ReplyDelete
  95. insya Allah saya akan puasa Daud. Terima kasih sharingnya.

    ReplyDelete
  96. @Rosid, Larose, dan Abah Alit Cerbon, terima kasih kunjungannya.

    ReplyDelete
  97. Pondok Puasa Daud Mobile Blog sudah hadir untuk mempermudah akses informasi seputar Puasa Daud dari handphone.

    ReplyDelete
  98. Jadwal puasa Daud setelah hari tasyrik pada hari kamis 10 november 2011.

    ReplyDelete
  99. We spread Shaum Dawud all around the world.

    ReplyDelete
  100. AssalAmu'alaikum...
    Yuk di tAhun 2012 ini kita awali dengan niat mem-BAja untuk melAksanakan PuAsa Daud..semoga dengan riyadhoh kita Allah mengabulkan apa yang menjadi hajad kita semua.terutama saya pribAdi di Usia 26 ini mengharap dAtangnya pasangan hidup yang Allah Ridho'i....saya berharap Sharing dari Antum semua di comment ini yAng telah merasakan Manfaat dari puasa daud tentunya bukan lah niatan Riya' dan jika ada yang beranggapan sHaring di sini adalah Riya' yang demikian kembali kepada pribadinya dan saya meragukan kebersihAn hati orang tersebut. Ini semata-mata adalah membentuk keyakinan kokoh dalam pribadi sebelum kita berangkat ibadah puasa DaUd. Sekian dari saya.
    SUPRAPTO_e-mail: suprapto24@yahoo.com

    ReplyDelete
  101. Assalamualaikum..
    Saya bernadzar puasa daud selama 1 bulan..
    Misal saya memulai puasa daud pd tgl 1 maret, otomatis kl sebulan nadzar saya berakhir pada tgl 31 maret..
    Yang saya tanyakan, apabila halangan untuk berpuasa karena ada tamu bulanan.. Puasanaya di ganti atau tidak?
    Misal di ganti, di ganti sesuai lama saya berhalangan atau di ulang dari awal lagi agar full 1 bulan?
    Mohon bantuannya.. Terima kasih..
    Wassalamualaikum wr.wb

    ReplyDelete
  102. @Anonymous, terima kasih pertanyaannya. Karena puasa Daud anda berdasarkan nazar dan lamanya 1 bulan, maka selama itulah anda lakukan. Namun pertanyaan lanjutan adalah apakah puasa Daud tersebut harinya berselang dan berturut-turut selama satu bulan, atau kapanpun saat ingin puasa Daud walau berbulan-bulan yang penting genap satu bulan, maka itu terserah kemampuan kita masing-masing. Allah Yang Maha Tahu.

    ReplyDelete
  103. Salam...
    Adakah kita Puasa Nabi Daud kena bersahur juga ?
    Sekian Terima Kasih...
    Wassalam...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Pa Awang, boleh bersahur lebih baik untuk stamina fit walau dengan segelas air putih, tapi bila tidak sahur tidak jadi masalah. Terima kasih.

      Delete
    2. SYUKRAN...
      TERIMA KASIH atas Jawapan nya...
      Semoga Ummiega, Anda Sekeluarga diberkati Allah swt.
      AMIN....

      Delete
    3. Terima kasih, sama-sama pa Awang. Saya kunjungi blogger profile pa Awang tapi mungkin settingnya masih private, jadi tidak dapat dilihat.

      Delete
    4. Terima Kasih, Ummiega... nanti saya check settingnya, lagi pun dah lama tak buka blog... asyik2 buka FB saja. lol...

      Delete
  104. minta do'a restu aku mau melaksanakan puasa daud

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga istiqomah kang Tahrir. Terima kasih.

      Delete
  105. thnx for the info fren. saya ngakuin mesih lemah dlm ilmu agama.. pertama kali mendengar tentang puasa daud

    ReplyDelete
  106. Terima kasih xDer, kita sama-sama saling mengingatkan.

    ReplyDelete
  107. apakah boleh qt puasa daud tpi gak terus menerus. apkh ada dosa jika seperti itu?
    misal awalnya sudah niat untuk puasa daud...sudah berjalan dua minggu, namun namanya wanita ada yg namanya udzur....nah setelah udzur selesai rasanya masih susah sekali untuk melakukan puasa daud lagi hingga akhirnya puasa daud gak dijalankan lagi. apakh dosa jika seperti itu??
    trus puasa senin kamis kan juga baik ya..nah klo qt puasa duad kan otomatis jg gak bisa puasa senin kamis trus gimana ya

    ReplyDelete
  108. Terima kasih Pena Ganda, yang harus selalu ingat adalah bahwa puasa Daud adalah puasa sunnah seperti puasa senin kamis atau lainnya, jadi jangan sampai melakukan puasa ini tapi jadi beban pada diri kita. Adapun kita sudah niat puasa Daud tapi tidak dapat menjalankannya itu hal biasa karena rintangan selalu ada, beristigfar saja bahwa kita belum diberi izin Allah dilancarkan berpuasa.
    Adapun bila puasa Daud, otomatis tidak bisa puasa senin kamis karena harinya akan berbenturan. Tapi, bila dapat mengaturnya itupun syah-syah saja. Pengalaman saya sendiri berpuasa hanya mampu selama 2 tahun lalu terjadi kecelakaan menyebabkan pinggang patah sehingga berhenti puasa dan ingin memulainya lagi terasa berat, bahkan suami sudah jalan tahun ke sembilan tapi saat ini sedang rehat dan bila sudah memungkinkan atau ada izin Allah, maka kami insya Allah kembali berpuasa Daud.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Subhanallah....terimakasih Ummiega atas sharing2nya selama ini, semoga Ummiega dan klga snantiasa mendapatkan rahmat dan karunia dari Allah SWT, Aamiin

      wassalam dari kami di Manado Rusdy Haya

      Delete
  109. SALAM... Ummiega.

    Bagaimana cara untuk mengganti Puasa Ramadan yang tahun2 lepas sedangkan masa ini kita berpuasa Nabi Daud...
    Apakah boleh kita buat dua2 nya, Maksud nya kita Puasa Nabi Daud terus ganti Puasa yang lama yang tertinggal ?...

    Sekian Terima Kasih,
    Wassalam...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih pa Awang. Ketika berpuasa Daud dapat meniatkan untuk mengganti puasa Ramadhan yang tidak dilakukan dimasa lalu. Puasa Daud dapat juga untuk kifarat dari dosa-dosa yang kita lakukan. Ada kasus yang menarik, seseorang dimasa mudanya banyak melakukan maksiat lalu bertobat dan berpuasa Daud secara istiqomah dan saat ini kehidupannya bahagia dan seseorang melakukan maksiat dimasa mudanya tetapi tidak kifarat dengan amal sunnah lainnya atau puasa Daud, kini kehidupannya tidak menyenangkan, Allah Yang Maha Tahu.

      Delete
    2. Terima Kasih atas jawapan...Ummiega.

      Bagaimana cara nya untuk berpuasa Daud secara istiqomah ?

      Selain dari Kisah 'Abdullah bin 'Amru radliallahu'anhuma...Apa kah ada kisah Nabi Daud dan apa sebab nya Nabi Daud mengamalkan Puasa ini ?


      Sekian Terima Kasih,
      Wassalam...

      Delete
    3. Assalamu Alaikum...hanya dengan rahmat dan karunia-NYA sehingga kita bisa melakukan ibadah2 kpd Allah SWT, begitupun dgn melakukan puasa Daud kita tdk akan sanggup melakukannya tanpa pertolongan-NYA.

      jadi saran saya, mintalah pertolongan-NYA disetiap do'a-do'a kita, insya Allah do'a kita akan dikabulkan dengan catatan jangan melakukan perbuatan dosa.

      Selain itu juga kita harus punya NIAT YANG KUAT dan IKHLAS.....dan tanamkan dalam diri kita bahwa hidup ini hanya sementara, kita harus punya bekal yang baik dlm menghadapi kematian.

      Wassalam dari kami di Manado

      Rusdy Haya

      Delete
  110. Salam... saya baru mengambil wudhu utk masuk sholat magrib, apabila saya berjemaah imam udah duduk tahyat akhir saya pun duduk tahyat akhir, berapa rakaat patut saya laksana kan sholat atau bagaimana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Qithmir, ada beberapa pendapat namun yang umum digunakan adalah patokan pada saat ruku ada yang masuk hitungan rokaat ada juga yang tidak masuk hitungan rokaat.

      Delete
  111. Assalamu'alaykum ummi...
    Puasa selain meningkatkan keimanan, utk kesehatan n ketenangan jiwa, dll.
    Tp aq masih blm ngerti nih,,, Sebenarnya inti dari puasa daud itu apa ya...?
    Mohon penjelasannya. Trims ummi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Yoshikuni. Intinya tentu saja menghidupkan sunnah. Karena puasa Daud termasuk dalam hadits taqrir.

      Delete
  112. semoga Allah memberikan kekuatan untuk melakukannya, amin.

    ReplyDelete
  113. ya ikhwani q pcinta puasa daud,minta do'any smoga slmat mpe tjuan,,,mulyo dunia akherat

    ReplyDelete
  114. Selain puasa Ramadhan dan puasa Senin Kamis, saya memang belum pernah mencoba puasa Nabi Daud.

    ReplyDelete
  115. besar sekali ya keutamaan puasa daud, semoga kita diberi kemudahan dalam melaksanakan puasa daud.

    ReplyDelete
  116. Ummie, sy mempunyai hutang puasa romadhon 3 th ( hamil-menyusui). Bolehkah sy membayar hutang puasa itu dgn cara puasa daud? Terima kasih ummi. Tolong balas di email saya yach.

    ann_if@yahoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, untuk masalah fiqih silahkan mencari referensi di situs Islam yang kompeten. Silahkan cari pada Google.

      Delete
  117. Salam kenalan..terima kasih atas perkongsian yang berguna, insyaallah akan dijadikan amalan.

    ReplyDelete
  118. alhamdulillah saya sudah agak terbiasa dengan puasa daud.. ane mau kumpul atau ketemu komunitas puasa daud di mana ya.. saya berdomisili di jkt. trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamu alaikum....dengan bersilaturahmi di Ummiega ini insya Allah kita akan diberikan hidayah dan keberkahan, Aamiin

      salam kenal dari kami di Manado

      Rusdy Haya

      Delete
  119. Replies
    1. Assalamu Alaikum...hanya dengan rahmat dan karunia-NYA sehingga kita bisa melakukan ibadah2 kpd Allah SWT, begitupun dgn melakukan puasa Daud kita tdk akan sanggup melakukannya tanpa pertolongan-NYA.

      jadi saran saya, mintalah pertolongan-NYA disetiap do'a-do'a kita, insya Allah do'a kita akan dikabulkan dengan catatan jangan melakukan perbuatan dosa.

      Selain itu juga kita harus punya NIAT YANG KUAT dan IKHLAS.....dan tanamkan dalam diri kita bahwa hidup ini hanya sementara, kita harus punya bekal yang baik dlm menghadapi kematian.

      Wassalam dari kami di Manado

      Rusdy Ha

      Delete
  120. Terima kasih buat info dakwah nya sob...
    Islam memang indah..
    Terus semangat dan di tunggu info terbarunya...

    ReplyDelete
  121. info yang menarik, skalian dapat pahala... ^-^

    ReplyDelete
  122. belajar puasa sunah nabi daud, mulai tgl 20-08-2012, semoga istiqomah. Doanya ummi ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamu Alaikum...hanya dengan rahmat dan karunia-NYA sehingga kita bisa melakukan ibadah2 kpd Allah SWT, begitupun dgn melakukan puasa Daud kita tdk akan sanggup melakukannya tanpa pertolongan-NYA.

      jadi saran saya, mintalah pertolongan-NYA disetiap do'a-do'a kita, insya Allah do'a kita akan dikabulkan dengan catatan jangan melakukan perbuatan dosa.

      Selain itu juga kita harus punya NIAT YANG KUAT dan IKHLAS.....dan tanamkan dalam diri kita bahwa hidup ini hanya sementara, kita harus punya bekal yang baik dlm menghadapi kematian.

      Wassalam dari kami di Manado

      Rusdy Ha

      Delete
  123. belajar puasa sunah nabi daud, mulai tgl 20-08-2012, semoga istiqomah. Doanya ummi ya.

    ReplyDelete
  124. belajar puasa sunah nabi daud, mulai tgl 20-08-2012, semoga istiqomah. Doanya ummi ya.

    ReplyDelete
  125. saya ingin tanya apakah ada yang tahu tentang komunitas puasa senin kamis ?

    ReplyDelete
  126. Saya puasa daud dari bulaan juni ini, manfaat yg sudah terasa adalah jiwa jadi tenang, niat puasa daud sampai akhir hayat. amiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin....Aamiin....Aamiin

      salam dari kami di Manado

      Rusdi Haya

      Delete
    2. Aamiin....Aamiin....Aamiin

      salam dari kami di Manado

      Rusdi Haya

      Delete
  127. bener bro terasa banget di hati jiwa kita,kesehatan kita semakin fit,setahun saya ngejalani puasa daud nikmat bgt(meski ada yg bolong2nya sedikit)hehehhe

    ReplyDelete
  128. saya baru seminggu menjalankan puasa daud setelah lebaran ini, sebelum lebaran saya menjalani meski bolongnya banyak selama 1 bulan alhamdulillah penyakit sakit dada akibat maag saya hilang,subhanallah,doakan saya ummie agar slalu istiqomah.salam kenal ummie salam buat keluarga ..(cecep sugianto-Bandung)

    ReplyDelete
  129. saya baru seminggu menjalankan puasa daud setelah lebaran ini, sebelum lebaran saya menjalani meski bolongnya banyak selama 1 bulan alhamdulillah penyakit sakit dada akibat maag saya hilang,subhanallah,doakan saya ummie agar slalu istiqomah.salam kenal ummie salam buat keluarga ..(cecep sugianto-Bandung)

    ReplyDelete
  130. Assalamu alaikum......bagi saudara-saudariku pelaku Puasa Daud, tetaplah istiqomah berpuasa Daud hingga ajal datang menjemput. Ketahuilah...Puasa Daud adalah karunia yang sangat besar yang diberikan oleh Allah SWT kepada hamba-hamba-NYA yang terpilih. Maka sudah sepatutnyalah kita semua menjadi hamba-hamba Allah SWT yang pandai bersyukur atas segala rahmat dan karunia-NYA yang telah diberikan kepada kita semua.

    Puasa Daud ibarat magnet yang akan membuat kita semakin senang mendekatkan diri kepada Allah SWT.

    Dengan semakin dekat kepada Allah SWT, insya Allah masalah2 kita di dunia ini akan dipermudah dan diberkati oleh Allah SWT.

    Anak yang sakit sembuh hanya dengan mengingat Allah, hutang dibayarin oleh Allah malah waktu mudik kemarin ke Makassar tgl 18 Agustus 2012 sy mendapatkan hadiah lebaran dari Allah SWT berupa sy dipersilahkan oleh pramugari untuk duduk di kursi kelas bisnis padahal tiket pesawat saya hanya ekonomi, Subhanallah Alhamdulillah terimakasih yaa Allah.....

    itu sebagian pengalaman yang sy alami sejak berpuasa Daud AS....semoga menjadi berkah bagi kita semua dalam menjalankan puasa Daud AS.

    Pesan saya " Hidup di dunia ini hanya sementara, HIDUPMU ADALAH BEKAL AKHIRATMU ! "

    Wassalam dari kami di Manado

    Rusdi Haya
    jika ingin share PIN BB 20DC41C4

    ReplyDelete
  131. Subhanallah....terimakasih Ummiega atas sharing2nya selama ini, semoga Ummiega dan klga snantiasa mendapatkan rahmat dan karunia dari Allah SWT, Aamiin

    salam dari kami di Manado Rusdy Haya

    ReplyDelete
  132. Ummiega, baru kali pertama saya rajin baca2 dan buka web untuk informasi tentang puasa, tapi saya bersama suami berpuasa daud disamping ingin mendapat ketenangan jiwa raga juga mengharap semua beban masalah hidup terutama HUTANG bisa kami selesaikan secepatnya, sudah hampir berjalan 2 tahun kami berhutang sangat besar di sala satu bank dan kami sudah dikatakan tidak sanggup bayar, karena toko kami sepi, dan kami bayar hutang dengan gali lobang tutup lobang, apakah yang kami lakukan itu salah..? mohon bantuan masukan unk masalah kami ini, terima kasih banyak, semoga Allah SWT selalu memberikan kami menjadi orang yang slalu bersyukur..Amiin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. QS 2.Al Baqarah:286

      لاَ يُكَلِّفُ ٱللَّهُ نَفْسًا إِلاَّ وُسْعَهَا لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا ٱكْتَسَبَتْ رَبَّنَا لاَ تُؤَاخِذْنَآ إِن نَّسِينَآ أَوْ أَخْطَأْنَا رَبَّنَا وَلاَ تَحْمِلْ عَلَيْنَآ إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِنَا رَبَّنَا وَلاَ تُحَمِّلْنَا مَا لاَ طَاقَةَ لَنَا بِهِ وَٱعْفُ عَنَّا وَٱغْفِرْ لَنَا وَٱرْحَمْنَآ أَنتَ مَوْلَـٰنَا فَٱنْصُرْنَا عَلَى ٱلْقَوْمِ ٱلْكَـٰفِرِينَ

      "Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri ma'aflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.""

      Salam dari kami di Manado Rusdy Haya

      Delete
    2. jadikanlah masalah itu sebagai pintu untuk semakin mendekatkan diri pada Allah SWT.

      Ketahuilah bahwa hikmah dari masalah yang kita alami saat ini adalah pertanda bahwa Allah SWT sangat ingin agar kita sebagai hamba-NYA bisa kembali bersujud di saat orang2 tertidur...kita berduaan dgn Allah sambil menangis mengadukan masalah2 yang kita alami.

      Allah berfirman: “Janganlah kalian berputus asa dari rahmat Allah, karena tidak ada yang berputus asa dari rahmat Allah kecuali orang-orang kafir. ” (QS. Yusuf: 87)

      Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.
      [Surat al-Baqarah ayat 153]

      Salam dari kami di Manado Rusdy Haya

      Delete
    3. Alhamdulillah. terima kasih atas wejangan dan nasehatnya, memang setiap waktu kami berfikir, dulu waktu kami meminjam di bank, kami rencanakan untuk modal tapi entah kenapa itu berjalan hanya 1 tahun, dan kesini kami benar2 kelimpungan dan sangat sangat meminta belas kasihan kepada-NYA, kami memang salah mungkin kami terlalu percaya diri, saya sekarang bekerja dan penghasilan saya unk nutup hutang sangat tidak cukup ditambah unk makan anak2 kami, sekolah mereka, sampai saya tidak tahan dan suka menangis kalo anak2 minta sesuatu, saya benar2 minta keajaiban akan datang dari Allah, dan suami 3 hari terakhir belum mendapat pemasukan di tokonya, alhamdulillah semalam ada yang datang kerumah dan katanya mau pesan komputer, tapi ga tau jadi atau tidak, mudah2an ini awal unk jawaban dari doa2 dan harapan kami, Ummiage kami harus mengamalkan apalagi selain sholawat unk Nabi Muhammad SAW dan saya juga selalu baca istighfar hanya 2 bacaan itu yang sekarang saya selalu baca dalam sholat, berdoa dan diamnya saya, saya benar2 bingung dan habis akal bagaimana lagi dan cari hutang kemana lagi unk bayar hutang2 kami, maaf sekiranya saya selalu berkeluh kesah, karena saya juga tidak mngkin cerita masalah hidup saya ini kepada orang tua karena mereka juga unk makan harus berjualan dulu. Saya sangat menunggu doa dan amalan apa lagi yang harus saya jalankan bersama suami, terima kasih banyak atas saran dan nasehatnya. Do'akan kami agar kami selalu bisa bersykur atas apa yang sudah kami dapat sampe hari ini...Amin ya Allah....

      Salam,
      Hamba Allah

      Delete
    4. Alqur'an adalah pengobat hati.......

      "Ketahuilah, hanya dengan mengingat Allah (zikrullah) hati menjadi tenang".Q-S Ar-Ra'd ayat 28.

      Istiqomah melaksanakan sholat tahajud 11 rakaat, setelah melakukan sholat tahajud lanjutkan dengan membaca Alqur'an sambil menunggu sholat subuh.

      sebelum adzan berkumandang lakukan sholat Hajat dan sholat sunah Fajar kemudian (bagi suami) upayakan berjalan kaki menuju ke mesjid untuk melaksanakan sholat subuh berjamaah.

      Sepulang dari mesjid jangan langsung tidur tapi lanjutkan dengan amalan-amalan dzikir.

      Disaat waktu dhuha lakukan sholat Dhuha 8 rakaat.

      oh iya....disaat suami menuju ke mesjid untuk melaksanakan sholat subuh, rutinkan SEDEKAH DI WAKTU SUBUH walau hanya Rp. 5.000,- (lima ribu rupiah) minta suami yang memberikan sedekah tersebut kpd Muadzin di mesjid atau siapapun yg suami ingin berikan sedekah tsb.


      Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu sesungguhnya Nabi Muhammad shollallahu ‘alahi wa sallam bersabda: “Tidak ada satu subuh-pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa: “Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfaq”, sedangkan yang satu lagi berdo’a “Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan (hartanya)” (HR Bukhary 5/270)

      Semoga berberkah, Aamiin

      Salam dari kami di Manado Rusdy Haya


      Delete
    5. Alhamdulillah....terima kasih banyak sekali lagi atas nasehat nasehatnya, insya Allah mudah2an akan kami laksanakan semaksimal mungkin mohon do'anya, semoga Allah membalas kebaikan yang sudah diberikan..Amiin...

      Delete
    6. Aamiin....terimakasih banyak.

      inna ma'a al'usri yusraan

      [94:6] sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. (QS. Alamnasyrah)

      Salam dari kami di Manado Rusdy Haya

      Delete
    7. Assalamu'alaikum Ummiega, saya mau tanya lagi, jadi saya sudah minta ke suami untuk bersedekah pada waktu shlt subuh itu, tapi suami bilang bingung mau kasih ke siapa, katanya begitu, jadi suami minta saya saja yang kasih sodakohnya atas nama suami, karena di jamaah ibu2 ada yang kami bilang pantas untuk menerima ssedekah yang tidak seberapa itu, pertanyaannya boleh tidak seperti itu ya....? dan apabila sedekah itu diberikan kepada nenek atau ibu atau keluarga sendiri boleh tidak? dan apabila sedekah itu diberikannya setelah sholat sunnah subuh boleh tidak? sekian pertanyaan saya, terima kasih banyak.
      Wassalamu'alaikum warahmatullahiwabarokatuh..

      Delete
    8. "Mereka bertanya kepadamu tentang apa yang mereka nafkahkan. Jawablah: “Apa saja harta yang kamu nafkahkan hendaklah diberikan kepada ibu-bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan." Dan apa saja kebaikan yang kamu buat, maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahuinya." (QS al-Baqarah [2]: 215).


      [4:36] Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri,(QS: An_nisa 36)

      Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu sesungguhnya Nabi Muhammad shollallahu ‘alahi wa sallam bersabda: “Tidak ada satu subuh-pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa: “Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfaq”, sedangkan yang satu lagi berdo’a “Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan (hartanya)” (HR Bukhary 5/270)

      Semoga berberkah, Aamiin

      Salam dari kami di Manado Rusdy Haya

      Delete
    9. Alhamdulillah...terima kasih banyak, semoga Allah mengampuni semua dosa2 saya, suami, orang tua dan semuanya Amiin....dan mundah2an cobaan ini bisa kami lalui dengan ikhlas dan selalu tawakal.

      Delete
  133. Assalamu'alaikum. Alhamdulillah sy sedang belajar berpuasa daud, dan sampai saat ini pun masih menjalankan. Namun ada yg ingin saya tanyakan,pada hari selasa saya puasa berarti saya puasa daud lg di hari kamis,namun pada waktu rabu malam saya ketiduran karena cape dan lupa membaca niat puasa daud dan saya baru terbangu pas adzan subuh. Tapi pada hari rabu siang saya sudah berniat dalam hati untuk puasa daud di hari kamis,yang ingin saya tanyakan : "apakah sah puasa saya karena tidak membaca niat? Walaupun ketika siang hari saya berniat (tanpa membaca doa niat puasa daud) dalam hati untuk puasa di esok hari. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapan Niat Puasa Dilakukan?
      KAPAN NIAT PUASA DILAKUKAN.

      Ditulis oleh Dewan Asatidz

      Dalam hal niat PUASA WAJIB (jenis apa saja), para ulama berbagai mazhab sepakat bahwa niat harus dilaksanakan pada malam hari. Pendapat ini didasarkan pada hadis Rasul saw. yang diriwayatkan oleh Sayidah 'Aisyah:
      "Barangsiapa yang tidak berniat puasa pada malam hari sebelum terbit fajar, maka tidak sah puasanya".

      Lain halnya PUASA SUNNAH, waktu berniat tidak harus malam hari, tapi bisa dilakukan setelah terbit fajar sampai sebelum tergelincirnya matahari (waktu Dzuhur) dengan syarat ia belum makan/minum sedikitpun sejak Subuh. Bahkan ulama mazhab Hambali, untuk puasa sunat, membolehkan berniat setelah waktu Dzuhur.

      Kembali ke persoalan, seandainya lupa berniat pada malam hari atau tertidur, bolehkah melakukan niat setelah terbit fajar atau pagi harinya?

      Untuk lebih detailnya, marilah kita ikuti berbagai pendapat berikut ini:

      1. Pendapat mazhab Hanafiyah : Lebih baik bila niat puasa (apa saja) dilakukan bersamaan dengan terbitnya fajar, karena saat terbit fajar merupakan awal ibadah. Jika dilaksanakan setelah terbitnya fajar, untuk semua jenis puasa wajib yang sifatnya menjadi tanggungan/hutang (seperti puasa qadla, puasa kafarat, puasa karena telah melakukan haji tamattu' dan qiran --sebagai gantinya denda/dam, dll) maka tidak sah puasanya.
      Karena, menurut mazhab ini, puasa-puasa jenis ini niatnya harus dilakukan pada malam hari. Tapi lain dengan puasa wajib yang hanya dilakukan pada waktu-waktu tertentu, seperti puasa Ramadhan, nadzar, dan pusa-puasa sunnah yang tidak dikerjakan dengan sempurna, maka boleh saja niatnya dilakukan setelah fajar sampai sebelum Dhuhur.

      2.Mazhab Malikiyah : Niat dianggap sah, untuk semua jenis puasa, bila dilakukan pada malam hari atau bersamaan dengan terbitnya fajar. Adapun apabila seseorang berniat sebelum terbenamnya matahari pada hari sebelumnya atau berniat sebelum tergelincirnya matahari pada hari ia berpuasa maka puasanya tidak sah walaupun puasa sunnah.

      3.Mazhab Syafi'iyah : Untuk semua jenis puasa wajib (baik yang dilakukan pada waktu-waktu tertentu seperti puasa Ramadlan; yang sifatnya menjadi tanggungan seperti qadla', nazar, kafarat, dll.) niat harus dilakukan pada malam hari. Adapun puasa sunnnah, niat bisa dilakukan sejak malam hari sampai sebelum tergelincirnya matahari. Karena Nabi saw. suatu hari berkata pada 'Aisyah: 'Apakah kamu mempunyai makanan?'. Jawab 'Aisyah: 'Tidak punya'. Terus Nabi bilang: 'Kalau begitu aku puasa'. Lantas 'Aisyah mengisahkan bahwa Nabi pada hari yang lain berkata kepadanya: 'Adakah sesuatu yang bisa dimakan?'. Jawab 'Aisyah: 'Ada'. Lantas Nabi berkata: 'Kalau begitu saya tak berpuasa, meskipun saya telah berniat puasa'.

      4.Mazhab Hambaliyah : Tidak beda dari Syafi'iyah, mazhab ini mengharuskan niat dilakukan pada malam hari, untuk semupa jenis puasa wajib. Adapun puasa sunnah, berbeda dari Syafi'iyah, niat bisa dilakukan walaupun telah lewat waktu Dhuhur (dengan syarat belum makan/minum sedikitpun sejak fajar).
      Dan pendapat yang terakhir inilah (bolehnya niat puasa sunat walaupun telah lewat Dhuhur) yang paling kuat.(Menurut Dr. Wahbah al-Zuheily. --Red)

      Salam dari kami di Manado Rusdy Haya

      Delete
  134. bagus bnget nih artikel, jadi nambah wawasan

    ReplyDelete
  135. Saudara-saudaraku....renungkanlah kalimat ini :

    "Dimana tempat kita di akhirat nanti ??? ....Pilihannya dari sekarang di dunia ini."

    maka perbanyaklah amal ibadah, berdo'alah terus kepada Allah SWT untuk meminta hidayah-NYA agar hati kita senantiasa gemar melakukan ibadah-ibadah yang dicintai oleh Allah SWT diantaranya dengan melakukan puasa Daud as.

    Salam dari kami di Manado Rusdy Haya

    ReplyDelete
  136. Assalamu'alaikum Ummiega, saya mau tanya masalah nafkah suami kepada keluarga ( istri dan anak2 ) apabila seorang suami mempunya hutang yang sangat banyak, mana yang lebih didahulukan bayar hutang atau menafkahi istri dan anak2nya, terima kasih wassalamu'alikum wr wb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berkenaan dengan ini Rasulullah shallallahu ‘alihi wasallam bersabda,

      "Seseorang apabila menafkahi keluarganya dengan mengharapkan pahalanya maka dia mendapatkan pahala sedekah." ( HR. al-Bukhari dan Muslim)

      Beliau juga bersabda,

      "Ada empat dinar; Satu dinar engkau berikan kepada orang miskin, satu dinar engkau berikan untuk memerdekakan budak, satu dinar engkau infakkan fi sabilillah, satu dinar engkau belanjakan untuk keluargamu. Dinar yang paling utama adalah yang engkau nafkahkan untuk keluargamu." (HR. Muslim)

      Seorang suami harus berbakti pd kedua orang tuanya tanpa mengesampingkan kewajibannya pd istri dan anak-anaknya.

      Demikian juga hutang adalah kewajiban yang harus dibayar.

      Saran saya adalah bicarakan dgn orang / pihak yang memberi pinjaman untuk me-rescheduling kembali mengenai jangka waktu pembayaran hutang dan pokok hutang sehingga menjadi ringan dlm hal pembayaran, keluarga tetap diberi nafkah dan jangan lupa mendawamkan sedekah, sholat tahajud dan sholat dhuha, insya Allah SWT akan memberikan jalan keluar bagi hamba-hamba-NYA yang sabar dan bertaqwa, Aamiin.

      Salam dari kami di Manado Rusdy Haya

      Delete
    2. Assalamu'alaikum wr wb

      Terima kasih atas penjelelasannya, tapi maaf sebelumnya kami mau curhat boleh? hanya sekedar sharing dan kami berharap doanya saja, jadi kami sudah mencoba datang untuk minta merescheduling tapi katanya tidak bisa karena jangka waktu yang diberikan sudah maksimal yaitu 7tahun dan hutang kami sisa hampir 150jt dan yang kami jaminkan adalah rumah dan tanah milik mertua , sedangkan setiap bulan cicilan itu hampir 5jt, penghasilan istri cukup unk sehari2 kadang kurang dan penghasilan suami tidak menentu kadang dapat kadang tidak dapat tergantung dari toko, dan alhamdulillah sekarang suami diminta unk mengajar di sekolah swasta unk mengajar perangkat komputer dsb yang berkaitan dengan komputer, dengan imbalan 1xpertemuan 40rb dan seminggu 3xpertemuan.

      Ada yang kasih saran katanya suruh buka lpk aja, tapi suami ga punya apa2 untuk memulai apalagi harus ijin sana ijin sini, dan dibilang hampir semua keluarga menyalahkan kami dan kami terima kami salah karena berani berspekulasi tanpa memikirkan sebab akibat.

      Ada salah satu saudara kami yang menyarankan ya udah rumah sama tanah itu kalo disita bank kasihkan saja, nanti saya carikan kontrakan (Astaghfirullah..). Tapi kami alhamdulillah sekarang tambah mendekat dengan Allah swt dan kami sekarang menjalankan puasa daud, tapi yg kami belum bisa adalah mensedekahkan semua apa yg kami dapat, entah itu gaji atau hasil dari berjualan, karena kami ga mau rumah milik mertua sampai diambil bank.

      Maaf terima kasih banyak atas waktunya.

      Wassalamu'alaikum wr wb

      Delete
    3. Saudaraku pelaku puasa Daud, di beberapa postingan saya di atas diantaranya mengenai hikmah dari ujian yang kita alami memang dibutuhkan keyakinan yang sangat-sangat kuat akan kualitas keimanan kita pada Allah SWT.

      Apakah dengan ujian yang kita alami akan semakin membuat kita semakin dekat kepada Allah ataukah malah sebaliknya akan semakin jauh dari Allah ?

      Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.
      [Surat al-Baqarah ayat 153]

      melalui firman Allah yang sangat mulia tersebut, Alhamdulillah hati saya dilapangkan oleh Allah SWT dalam menghadapi masalah seperti masalah yang saudaraku alami.

      Disaat saya menghadapi masalah berat, Allah SWT memberikan kasih sayang-NYA....Alhamdulillah pintu jodoh saya terbuka, diberikan istri yang sholehah, diberikan anak, pintu rezeki makin nambah.

      Janji Allah SWT itu pasti sesuai dengan firman-NYA :

      inna ma'a al'usri yusraan

      [94:6] sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. (QS. Alamnasyrah)

      Semoga berberkah, Aamiin

      Salam dari kami di Manado Rusdy Haya

      Delete
    4. Alhamdulillah...sangat membantu, terima kasih banyak

      Delete
  137. k_adisass@yahoo.comOctober 8, 2012 at 5:52 PM

    Assalamu'alaikum Ummiega,
    Saya ingin menanyakan tentang puasa Daud ini.
    1. Apakah jika puasa dilakukan pada hari Senin, Rabu, Kamis, dan Sabtu hal ini termasuk dalam pelaksanaan puasa Daud?
    2. Jika memang pola puasa di atas termasuk puasa Daud, apakah boleh diniatkan sekalian dengan puasa Senin-Kamis
    Demikian terima kasih Ummiega.
    Wassalamu'alaikum

    ReplyDelete
  138. Assalamu'alaikum wr.wb Ummiega,
    saya mendengar katanya untuk melakukan saum daud itu ada syarat atau istilahnya peraturan yang harus dilakukan terlebih dahulu, selain dari pada niat saum itu sendiri, jika memang benar tolong apa saja yang harus dilakukan jika kita sudah atau mau menjalankan saum daud ini.
    Terima kasih sebelum dan sesudahnya atas penjelasannya.
    Wassalamu'alaikum wr wb

    ReplyDelete
  139. Waalaikumsalam wr.wb....
    Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Puasa Daud adalah sehari berpuasa dan esoknya tidak berpuasa demikian seterusnya artinya puasa selang-seling.
    Dengan demikian puasa seperti yang dituliskan oleh k_adiss@yahoo.com tidak tergolong puasa Daud (Senin-Rabu-Kamis-Sabtu) yang seharusnya adalah Senin-Rabu-Jumat.

    Saudaraku k_adiss@yahoo.com, jika ingin melaksanakan puasa Daud niatnya adalah puasa Daud, begitupun jika ingin puasa senin-kamis niatnya adalah puasa senin-kamis.

    Mengenai saudaraku yang menanyakan apakah ada syarat atau peraturan jika ingin melakukan puasa Daud, telah kita ketahui bersama bahwa tidak ada syarat tertentu yang harus dilakukan cukup niat saja karena Allah SWT.

    insya Allah semoga apa yg saya sampaikan berberkah, Aamiin.

    Salam dari kami saudaramu di Manado Rusdy Haya

    ReplyDelete
  140. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  141. Assalamu'alaikum... Ada hal yg ingin saya
    tanyakan.

    Begini, pada awalnya saya melakukan puasa
    sehari dan buka sehari, namun krn pola spt itu tidak selalu hr Minggu dalam keadaan berbuka sedangkan istri ingin ada ksmpatan rutin bagi keluarga utk makan di luar pd hr Minggu, maka saya lakukan puasa daud dgn siklus mingguan yaitu Kamis-Sabtu-Senin-Rabu.
    Kemudian saya ulang pola yg sama pada minggu
    berikutnya yaitu Kamis-Sabtu-Senin-Rabu. Terus
    berulang polanya seperti itu setiap minggu.

    Apakah tepat yg saya lakukan? Sedangkan saya berniat bisa tetap menyenangkan istri saya yaitu hari Minggu adalah hari berbuka sebagaimana Rasulullah pun mengingatkan agar hak istri tetap bisa ditunaikan. Di sisi lain ada juga keuntungan dgn pola yg saya lakukan yaitu hari Jum'at menjadi hari berbuka sebagaimana Rasulullah pun sangat menganjurkan agar tidak
    berpuasa di hari Jum'at.

    Apakah tepat yg saya lakukan? Bagaimana sebaiknya jalan tengah utk situasi yg saya hadapi?

    Demikian pertanyaan saya.
    Terima kasih.
    Wassalamu'alaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam wr.wb...
      kebetulan situasi yang Pak Adisa alami sama dengan situasi yang saya alami yaitu setiap hari minggu adalah hari makan bersama dgn keluarga diluar rumah.

      Jalan tengah yang saya lakukan adalah meminta pengertian istri dan anak2 dgn merubah pola jadwal makan bersama dgn keluarga diluar rumah yaitu setiap 2 minggu sekali ketika tidak berpuasa karena dalam sebulan terdapat 4 minggu dimana jika minggu ke-1 berpuasa berarti di minggu ke-2 tidak berpuasa, minggu ke-3 berpuasa dan minggu ke-4 tdk berpuasa.

      Jadi yang dirubah adalah jadwal makan bersama bukan jadwal/pola Puasa Daud karena Puasa Daud telah sangat jelas tata caranya.

      Atau kalau memungkinkan ajaklah keluarga untuk ikut serta mengamalkan Puasa Daud seperti yang dicontohkan oleh keluarga Ummiega dan Bp. Menchana.

      Adapun adanya larangan untuk berpuasa di hari Jum'at itu adalah apabila kita hanya mengkhususkan berpuasa pd hari Jum'at tersebut
      akan tetapi jika kita melakukan Puasa Daud yang bertepatan pada hari Jum'at, hal tsb diperbolehkan.


      Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
      لَا يَصُمْ أَحَدُكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ إِلَّا أَنْ يَصُومَ قَبْلَهُ أَوْ يَصُومَ بَعْدَهُ
      “Janganlah salah seorang dari kalian berpuasa pada hari jumat kecuali dia berpuasa sehari sebelum atau sesudahnya.” (HR. Al-Bukhari no. 1985 dan Muslim no. 1929)

      Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam beliau bersabda:
      لَا تَخْتَصُّوا لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ بِقِيَامٍ مِنْ بَيْنِ اللَّيَالِي وَلَا تَخُصُّوا يَوْمَ الْجُمُعَةِ بِصِيَامٍ مِنْ بَيْنِ الْأَيَّامِ إِلَّا أَنْ يَكُونَ فِي صَوْمٍ يَصُومُهُ أَحَدُكُمْ
      “Janganlah kalian mengkhususkan malam jumat dengan shalat malam di antara malam-malam yang lain, dan jangan pula mengukhususkan harinya dengan puasa, kecuali memang bertepatan dengan hari dimana kalian biasa berpuasa.” (HR. Muslim no. 1144)

      insya Allah semoga apa yg saya sampaikan berberkah, Aamiin.

      Salam dari kami saudaramu di Manado Rusdy Haya

      Delete
    2. saya mau tanya, kalo kita sedang menjalankan puasa daud, boleh tidak kalo bertepatan dgn tgl. 10 muharam kita ikut puasa, tapi itu bukan hari unk puasa daud, terima kasih.

      Delete
    3. Assalamu alaikum wr.wb..

      Perlu kita pahami bersama bahwa Puasa Daud as adalah salah satu puasa sunnah, seperti halnya dengan puasa senin-kamis, puasa 10 Muharram, puasa Dzulhijjah dan puasa lainnya.

      Dengan demikian kita dapat melakukan puasa sunnah yang sesuai dengan niat dan kemampuan kita.

      Jika selama ini kita terbiasa melakukan puasa Daud dan ingin merubah ke puasa sunnah yang lainnya itu tidak ada larangan.

      Atau jika kondisi kesehatan kita agak menurun dan kita ingin berpindah ke puasa senin-kamis juga tidak ada larangan, yang penting tetap istiqomah berpuasa minimal senin-kamis.

      Saya hanya sharing...jangan meninggalkan ibadah puasa sunnah karena dengan ibadah-ibadah sunnah itulah yang menimbulkan kecintaan Allah SWT pada hamba-NYA....insya Allah.

      Salam dari kami saudaramu di Manado Rusdy Haya

      Delete
  142. I want to to thank you for this excellent read!! I certainly enjoyed every bit of it.
    I have you saved as a favorite to check out new stuff you post…
    Also visit my website make money online fast and free

    ReplyDelete
  143. Assalamu'alaikum Wr Wb
    Akh..Saya punya pertanyaan.

    dulu saya pernah punya nazar untuk puasa dala'il/puasa daud selama 1 tahun.
    setelah itu saya jalani nazar tersebut dengan lancar.
    3,5 bulan berlalu, saya di larang bapak untuk meneruskannya. bapak tidak akan pernah ikhlas dan tidak meridhoi kalo saya tetap melanjutkannya.
    di samping saya takut kalo tidak menjalankan nazar saya juga tidak mau kalo saya tidak dapat ridho dari orang tua.
    bapak hanya memberikan izin untuk puasa senin-kamis saja selama 1 tahun atau puasa sunnah yang lain kecuali puasa daud, atau membayar denda memberi makan 10 orang miskin.
    saya bingung dengan yang harus saya lakukan?
    saya tetap melanjutkan nazar atau mengikuti orang tua?
    mohon masukannya..

    ReplyDelete
  144. Waalaikumsalam wr.wb
    Kalau boleh tahu kira2 apa alasan Bapaknya mas Choirul melarang berpuasa Daud ?

    Wassalam
    Rusdi Haya

    ReplyDelete
  145. Kata orang " PUASA DAUD " tuh bagus, tp tad, ana keder jalaninya ... Niat sudah ada tp ...

    ReplyDelete
  146. Assalamu'alaikum Wr. Wb.

    salam kenal Ummi
    Saya baru belajar puasa Daud
    kalau kita puasa Daud mulai hari selasa, rabu gak
    kamis puasa, jum'at gak
    sabtu puasa, munggu gak
    senin puasa, selasa gak. Begitu seterusnya...
    Yang saya tanyakan, kalau pas jatuh hari senin dan kamis selain niat puasa Daud saya juga niatkan puasa sunnah senin-kamis boleh gak ?... kan dobel tu pahalanya :)
    Mohon masukannya..
    dan terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete