Saturday, August 14, 2010

Perubahan Nama Blog

Bagaimana bila anda selama ini merasa nyaman-nyaman saja membuat suatu postingan blog yang tidak berhubungan dengan dunia maksiat, lalu tanpa anda sadari postingan tersebut tampil di situs tak senonoh.

Dari pengalaman pertama menemukan judul postingan blog ini "Nabi Muhammad SAW Menyetujui Puasa Daud", berada di situs yang tidak bertanggung jawab akan moral dan tidak menghargai keyakinan seseorang, saya hapus postingan tersebut. Dan saya mulai rajin mengecek semua postingan di Search Engine. Dan kali ini, saya temukan kembali salah satu postingan ada di situs model seperti itu lagi.

Namun kali ini dia agak teliti, link tidak mengarah ke Dunia Muslimah. Namun demi nama baik blog ini dan nama baik Islam, saya delete judul posting tersebut. Judul yang kali ini adalah "Kisah Nyata Manfaat Puasa Daud".

Timbul pertanyaan dalam hati saya, mengapa dua judul yang disalah gunakan adalah postingan yang berhubungan dengan Puasa Daud? Kalaupun mungkin analisa salah, ini adalah salah satu cara untuk menghentikan dakwah yang berhubungan dengan Puasa Daud, saya hanya memohon kepada Allah SWT untuk tetap diberikan kekuatan baik melaksanan Puasa Daud, maupun siar tentang Puasa Daud.

Ini juga jawaban untuk teman yang sempat bertanya mengapa saya jarang lagi posting tentang hal-hal yang berhubungan dengan Islam.

Terakhir, tetap selalu waspada dengan mengecek judul posting kita di Search Engine dengan cara ketikkan nama blog kita ataupun nama kita sebagai author, lalu telusuri link-link tersebut.

Update : Tanggal 13 Agustus 2010, saya temukan lagi beberapa judul posting blog ini tampil di situs berisi gambar-gambar tak senonoh dan dari penelitian saya, pemilik blog tersebut menggunakan nama wanita. Masya Allah. Dan terpaksa pada tanggal 14 Agustus 2010, saya rubah nama blog yang semula Dunia Muslimah menjadi Ummiega.
Halaman Muka

71 comments:

  1. keterlalauan banget nih orang..

    ReplyDelete
  2. jadi tipsnya rubah judul postingannya...

    ReplyDelete
  3. Kalo rubah judul bisa, tapi link tidak bisa, jadi walau rubah judul akan tetap menuju kesitu.

    ReplyDelete
  4. Aku jg pernah umm liat situsku ada di situs jelek itu.. Sebbel dehhh

    ReplyDelete
  5. wah, kok bisa yah
    aku baru tau nih

    ReplyDelete
  6. sampe sekarang beLum sempat cek nih, soaL koneksinya dari kemarin Lagi enggak stabiL.

    mungkin yang di incar pada postingan yang ratingnya tinggi yah Ummi?, insya Allah nanti maLam mau ikutan ngecek, siapa tau ada postingannya si_om yang bernasib sama. semoga tidak.

    semoga bLog yang teLah meLakukan haL tersebut, cepet-cepet insap deh.

    ReplyDelete
  7. Assalamualaikum, kunjungan pagi di blog UmmiEga :)

    Ternyata memang jalan berdakwah itu sulit ummi, tapi tetap semangat ya... ^_^. Sebetulnya aku sering kepikiran Ummi, seperti permasalahan Ummi tadi sebetulnya maaf-red, kita tidak bisa berbuat apa-apa. Bisa kita bayangkan saja, Google, Yahoo, Facebook, Twitter, dll. Yang buat adalah orang non muslim, kalau jeleknya sih, kita hanya numpang. Karena itu, aku selalu berdoa, smoga ada seorang Muslim yang membuat terobosan baru, amiin. Sabar ya Ummi.. ^_^

    ReplyDelete
  8. Insya Allah, ada waktu senggang saya cek blog teman-teman dekat dulu nanti saya buat postingan daftar blog yang tampil di situs P tsb, supaya segera dicek dan tahu.

    ReplyDelete
  9. hmm... kenapa dia seperti itu :))

    ReplyDelete
  10. wah sabar ya umi, semangat semangat (:

    ReplyDelete
  11. Memang banyak orang iseng di internet..

    ReplyDelete
  12. iya.. sabar aj.. nnt pasti ketahuan kog sapa yang iseng sama ummi

    ReplyDelete
  13. kunjungan malam jumat kliwon...gunung jati ramai.

    ReplyDelete
  14. kunjungan malam
    yang sabar ya sobat...

    ReplyDelete
  15. kunjungan malam
    yang sabar ya sobat...

    ReplyDelete
  16. @hanumuslem, kalau dari url situsnya jelas sudah ketahuan, tapi saya gak mau memperpanjang, ini menyangkut sara.

    ReplyDelete
  17. terima kasih Ummi sudah ngecekin postingannya si_om, aLhamduLiLah kaLo postingannya si_om enggak terkena dampak tersebut.
    untuk ngecek ke search engine caranya gimana yah?.

    ngobroL.
    Ummi sudah punya koLeksi Lagunya "Bimbo" yang berjuduL "istri tersayang", cocok untuk yang habis gajian, bisa bikin Aby mesem-mesem deh. hihihi...

    ReplyDelete
  18. bagaimana pun itu sulit untuk diubah hal yang seperti itu karena beberapa situs yang kayak gtuan gunain alat yang dia bisa menggandakan keyword yang sering digunakan/diketik di Search Engine

    ReplyDelete
  19. setuju Ummi, baiknya haL demikian jangan diperpanjang karena percuma hanya menghasiLkan buang waktu, tenaga, dan biaya. yang terLebih penting adaLah menyikapinya dengan berbagai strategi.
    semoga Ummi dan Abi seLaLu diberikan kesabaran untuk menghadapi semua ujian ini sebagai seorang musLim yang ingin menyampaikan suatu kebaikan.

    ReplyDelete
  20. wah keterlaluan tuh ummi,ak sebagai seorg muslimah ikut ksel.Pasti kerjaan kaum kafir

    ReplyDelete
  21. emang kita wajib hati2, banyak orang menyalahgunakan sesuatu yang bukan hak nya, aku punya 2 postingan yg di grab seseorang tanpa ijin maupun menyebutkan sumber dari mana dia memperoleh postingan tsb, kecewa berat....

    ReplyDelete
  22. Kalau tidak salah itu adalah hasil kerja autoconten script yang dipasang di -biasanya- wordpress mereka.

    Cara kerjanya kira kira begini : menangkap hasil pencarian di google untuk kata tertentu kemudian dijadikan bahan postingan mereka SECARA OTOMATIS. Jadi ya isi postingannya kayak hasil daftar pencarian di google. Ya karena memang demikian.

    Itu adalah upaya mereka membuat postingan biar UNIK. dan tidak usah 'rekoso rekoso nulis konten'. Ada yang link asalnya di sertakan ada yang dihilangkan atau diganti mengarah ke situs mereka sendiri.

    Sehari mereka bisa mendapatkan postingan ratusan bahkan ribuan dari cara seperti ini.

    Karena UNIK maka google suka, dan mereka cepat terindeks dan bukan tidak mungkin muncul dihalaman pertama google terutama untuk kata kunci pencarian yang lebih dari satu kata.

    Pelopornya setahu saya adalah internet marketer besar di negeri ini. Wong cara menggunakan script ini dijual, dan dia yang jual. Nggak tahu masih jualan nggak sekarang.

    Di mesin pencari biasanya ditandai dengan search/katakunci+katakunci2+katakunci3 dst. Kemudian kalau diklik biasanya menuju halaman situs mereka yang ada iklannya.

    Bayangkan, katanya sehari bisa 15.000 pageviews dihasilkan dari orang yang mencari sesuatu di google dan keblasuk ke situs seperti ini.

    Mereka tak peduli akibat yang ditimbulkan. Mereka tak peduli orang serius yang cari info di google dan belum tahu banyak seluk beluk internet. Yang penting bagi mereka, mereka keblasuk ke situs mereka = Trafic = Klik Iklan = Duit.

    Mari kita kampanyekan 'Say No To Autocontent!'

    Monggo yang merasa menggunakan Autocontent, apakah betul demikian?

    Sebenarnya ada yang menggunakan autokontent yang hanya mengambil dari situs mereka sendiri, kaya fasilitas related post. Tapi kebanyakan kayaknya seperti yang di atas tadi.

    Mau coba? Cari sesuatu di google dengan kata kunci lebih dari satu. Klik yang dengan tanda kata+kata1+kata2 dst. DIJAMIN!

    ReplyDelete
  23. harus sabar menjalani ujian.

    ReplyDelete
  24. Tetap sabar ya Ummi....n tetap semangat dalam dakwahnya.. ^_^

    ReplyDelete
  25. membaca komentar dari sobat "Lirik Lagu" jadi terasa seperti membaca postingan terbaru. manteb untuk dicermati.

    menyampaikan haL yang baik itu suLit yah Ummi, banyak kendaLanya. sing pentin tetep sabar wae.

    ReplyDelete
  26. wah, kok bisa yah, harus lebih berhati2 lagi nih..

    ReplyDelete
  27. Assalamu'alaikum. Ummi Lbh baik di protect 'anti copy' saja postingannya. Oya ummi posting anti ttg puasa daud sgt menarik, bisa minta e-mail? saya jg mau share ttg puasa daud - silakan kirim e-mail anti ke snackkrispi@yahoo.com. oya ini link blog saya yg lain

    ReplyDelete
  28. di block aja umi biar ga bisa di copy. ummi rajin ya suka ngecheck hihi aku malah ga ngerti caranya ☺

    ReplyDelete
  29. @Iwan, kalau postingan di protect dengan anti copy tidak akan berfungsi karena mereka memanfaatkannya melalui feed postingan, mereka menggunakan autoblog.

    ReplyDelete
  30. kalo dilaporin situsnya bisa ga tuh ya? kira2 kemana? misalnya kalo wordpress kan bisa dilaporkan ke adminnya, cuma lupa alamatnya apa ntuh, dulu taunya dari artikelnya Kang Onno Purbo....

    ReplyDelete
  31. @Numberone, domainnya dot com dan cc, yang terpenting saya sudah mengingatkan situs-situs Islam yang menjadi korban seperti saya, tapi sayangnya sampai saat ini saya belum mendapat respon dari situs2 Islam tersebut, ini sangat disayangkan sekali. Kalau saja mereka tahu bahwa situs mereka tampil di situs "P", pasti mereka kalang kabut...

    ReplyDelete
  32. wah sungguh perbuatan tidak ber-etika dan tidak dibenarkan sama-sekali, tetap semangat ya sahabat ! Salam hangat dari BRI.

    ReplyDelete
  33. apa gak ada cara menangkalnya ya mi...
    siapa sih orang usil yg tegak begitu...

    ReplyDelete
  34. @Etam, bila konten yang diambil dari Feed Blog, saat ini belum tahu penangkalnya kecuali mendelete judul postingnya.

    ReplyDelete
  35. Lha mbakyu itu dibilangin itu kerja mesin auto generate content kok. Kalau memang dibikin gini terus dan nggak setuju sama hal hal seperti itu, buat saja banner anti auto generated content.

    Tapi intinya itu benar benar orang males nulis cuma pingin dapat trepik lalu dapat klik lalu dapat duit dari konten orang lain.

    Kalau iklan yang muncul daro adsense googlee bisa dibuat kapok tuh orang macam gitu. janjian sama seratus orang untuk mengklik iklan di blog atau situsnya, setiap 3 menit sekali misalnya, he he he bakaln dibanned account adsense nya.. yiahaha.. [biadab ON]

    ReplyDelete
  36. Lha mbakyu itu dibilangin itu kerja mesin auto generate content kok. Kalau memang dibikin gini terus dan nggak setuju sama hal hal seperti itu, buat saja banner anti auto generated content.

    Tapi intinya itu benar benar orang males nulis cuma pingin dapat trepik lalu dapat klik lalu dapat duit dari konten orang lain.

    Kalau iklan yang muncul daro adsense googlee bisa dibuat kapok tuh orang macam gitu. janjian sama seratus orang untuk mengklik iklan di blog atau situsnya, setiap 3 menit sekali misalnya, he he he bakaln dibanned account adsense nya.. yiahaha.. [biadab ON]

    ReplyDelete
  37. Saya jarang ngecek klau yang seperti ini...!!! tapi memang susah juga kalau menghindari pencuaran posting dan rule untuk cyber crime memang masih belum serius jadi ya seperti inilah...!!!

    trimakasih umy untuk sharenya...!!!
    Mohon mf juga umy kalau ada postingan di blog chugygogog ataupun komentar di blog ini yang kurang berkenan...trimkasih

    ReplyDelete
  38. eh maksudnya wordpress itu, bukan wordpress.com tapi dari domain dan hosting sendiri atau gratisan, cuma pake mesin wordpress.

    ReplyDelete
  39. eh maksudnya wordpress itu, bukan wordpress.com tapi dari domain dan hosting sendiri atau gratisan, cuma pake mesin wordpress.

    ReplyDelete
  40. @Gardoe Djaga, betul om. Ada 2 metode, bila memakai blog gratis, bisa nyuri feednya sistim autoblog dan yang kedua memakai mesin wordpress.com yang Om terangkan.

    ReplyDelete
  41. Mohon maaf, bukan blog wordpress tapi domain sendiri mesin wordpress.

    ReplyDelete
  42. duh, turut prihatin sama ummi, sabar ajja ummi. akoey do'ain deh jgn sampe terulang lagi yah. :)

    ReplyDelete
  43. Yg sabar saja.
    Namun tetap semangat ya...
    Met sore, assalamu'alaikum... :)

    ReplyDelete
  44. mempeLajari topik diskusi untuk menambah pengetahuan.

    semoga apa yang Ummi sampaikan kemarin bisa menjadi bahan perhatian mereka dan cepat direspon, seLebihnya tergantung dari mereka. yang pentingkan Ummi sudah beritikad baik untuk menginformasikan haL tersebut.

    ReplyDelete
  45. @Om Rame, sampai saat ini belum ada respon, dengan terpaksa halaman muka segera saya ganti dengan judul posting yang lain.

    ReplyDelete
  46. aneh-aneh saja sekarang, yang mikir susah2 kok dicuri... anggap saja sebagai cobaan dalam berbuat kebaikan, tulisan diproteksi berlapis biar nggak bisa di curi dgn cara apapun... :)
    semangat...

    ReplyDelete
  47. sabar umi.. kejadian ini semakin mempertegas kebenaran firmanNya. bahwa mereka akan tetap berusaha menghalangi langkah hamba yang di jalanNya.

    ReplyDelete
  48. sabar umi.. kejadian ini semakin mempertegas kebenaran firmanNya. bahwa mereka akan tetap berusaha menghalangi langkah hamba yang di jalanNya.

    ReplyDelete
  49. Assalamu 'alaikum Umi...
    Sama ma aq Umi... Postingan aq juga ada yg masuk Situs yang tidak bertanggungjawab (Senonoh gtu).... Kalo di ketik nama aq Eka Ikhsanudin di Google Search... pasti dh ada Situs trsebut (icon : Geleng2 Kepala - kq bisa ya), ada yg tau Solusinya Ga ???..
    Semoga Orang tsb mendapat Balasan yg setimpal... Amien..

    Tetap SEMANGAT yah UMI..

    ReplyDelete
  50. @Eka, solusi yang ada hanya mendelete judul postingan yang dibajak tersebut. Karena mereka memanfaatkannya dari feed blog.

    ReplyDelete
  51. waduuuuuuuuh,,, enak aja ya ummi tuh orang maen ceplak ceplok aja,,, huhuhu,,,,,,,,,,

    ReplyDelete
  52. Oh bisa begitu ya ,,baru tau soalnya saya masih baru di duni blog,,jadi ya aneh aja ,,,,,,,semoga kedepanya ngak ada kjadian sperti itu........

    ReplyDelete
  53. Such sites need not be visited only damage the faith

    ReplyDelete
  54. not at all times to come to the site containing pornographic elements

    ReplyDelete
  55. @Kabel, thanks... that's right. @Tensuit, right... not all that words contain pornographic elements, that's just SEO use.

    ReplyDelete
  56. astaghfirullahaladziim... jahat banget

    ReplyDelete
  57. keterlaluan kalau sampai begitu??

    kalau boleh tau kasusnya seperti apa??

    ReplyDelete
  58. setelah ku baca postinganmu sebelumnya menurut aku ini kalau tidak salah...

    biasanya sebuah postingan yang cukup mendapat banyak kunjungan maka bisa saja judul postingan kita muncul pada situs lain, itu kalau tidak salah mereka menggunakan "Auto Generated Content' tujunnya tidak lain adalah untuk meningkatkan taraffik pada blog mereka....dengan memanfaatkan postingan orang lain kira2 begitu

    memang agak risih apalagi seperti kasus mu ini....

    itu saja masukan dari saya maaf kalau salah....atau mungkin saya yang salah tafsir hee..he..

    ReplyDelete
  59. @Rizal, betul. Terima kasih masukannya.

    ReplyDelete
  60. Aku rada nggak ngerti o_o" tapi keterlaluan bgt tuh.. sabar ya mbak, semoga Allah senantiasa membuka jalan untuk terus berdakwah ^^

    ReplyDelete
  61. memang lebih baik pake nama yang ga familiar untuk blog kita ... itu membuat blog kita aman dari jangkauan yang aneh ... perubahan nama blog mungkin perlu dilakukan secara berkala agar Google bingung ... hehehe

    ReplyDelete
  62. ini soal apa yah?? hehe, maaf saya bingung, tapi kalo soal bajak membajak tulisan orang kemudian memasukkannya di situs "rusak" dengan tujuan yang tidak baik, saya sangat tidak setuju... (nyambung gak yah?? hehehe)

    ReplyDelete
  63. @Om Jhon, kalau ganti nama blog semoga tidak berpengaruh pada search engine kecuali ganti url blog.
    @Daeng Rompa, setuju... tapi kita memang harus sering meronda di search engine untuk mengetahui isi blog kita ada di luar sana.

    ReplyDelete
  64. Assalamu'alaikum.
    Maaf baru mampir.
    Ega yang sabar za ya.
    Tetap semangat n PD.
    Ok?
    ^_^

    ReplyDelete
  65. sabar Ummi, yang namanya berbuat kebaikan pasti ada cobaannya, tetep semangat dan perubahan nama blog semoga bisa menjadi solusi...
    salam...

    ReplyDelete
  66. kenapa ada orang sampai sebegitu ya. mungkin dia cuma mau numpang traffic saja.

    Bagaimanapun tetap sabar mbak Ummie, karena memang susah mau berbuat kebaikan, dan orang yang berbuat jahat pasti mendapat balasannya.

    terimakasih sudah mengingatkan, saya akan lebih berwaspada dalam menulis blog.

    ReplyDelete
  67. owh itu toh sobat alasannya ganti nama domain...hehe

    ReplyDelete
  68. wah,,bisa gitu ya??
    postinganku juga sering dipake situs lain,,terutama situs iklan dan properti..
    untung nggak pernah di situs yang maksiat..

    thanks udah share..

    ReplyDelete