Thursday, September 23, 2010

Keutamaan Surat Al Waqi'ah

Pada tafsir Ibnu Katsir tentang surat Al Waqi'ah, terdapat dialog antara Usman bin Affan dan Abdullah bin Mas'ud. Dimana Usman bin Affan menjenguk Abdullah bin Mas'ud ketika sakit. Postingan ini tidak membahasa tentang derajat kesahihan hadits ini, hanya memposting dialog yang terjadi antara Usman bin Affan dan Abdullah bin Mas'ud yang berhubungan dengan keutamaan, faedah, manfa'at surat Al Waqi'ah.

Usman bin AffanApakah yang anda keluhkan?


Ibnu Mas'udAku hanya khawatir akan dosa-dosaku


Usman bin AffanLalu, apakah yang anda inginkan?


Ibnu Mas'udRahmat Tuhanku


Usman bin AffanSukakah anda kupanggilkan dokter?


Ibnu Mas'udDokter itulah yang membuatku sakit


Usman bin AffanApakah perlu saya bantu uang?


Ibnu Mas'udAku belum bermunajat


Usman bin AffanUntuk putrimu sepeninggalmu


Ibnu Mas'udApakah anda mengkhawatirkan putri-putriku miskin. Saya telah menyuruh putri-putri saya membaca surat Al-Waqi'ah tiap malam, dan saya telah mendengar Rosululloh SAW bersabda "Man qoro'a surat al-Waqi'ah kulla lailati lan tasbih hu faa qotun abadan" (Siapa yang membaca surat al-Waqi'ah tiap malam tidak akan menderita kefakiran selamanya.











Semoga bermanfa'at.

1 comment:

  1. Keutamaan lainnya (mohon dikoreksi kalau saya salah)adalah: barangsiapa yg membaca surat Al-Waqi'ah dlm suatu majlis selama 50 hari, maka mereka akan diberi kemudahan dalam mencari rezeki.

    ReplyDelete