Wednesday, February 22, 2012

Doa Sapu Jagat Surat Al Baqarah 200, 201

Yang dimaksud do'a sapu jagat adalah do'a memohon kebaikan di dunia dan di akherat. Do'a ini sering diucapkan oleh umat Islam dan sebagian besar hafal, namun hanya saja tidak menyadari bahwa do'a ini adalah salah satu surat di dalam surat Al Baqarah ayat 201 :

Dan di antara mereka ada orang yang berdoa: "Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka".

وَمِنْهُمْ مَنْ يَقُولُ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Do'a ini meliputi semua kebaikan dan menghindarkan semua bahaya, karena kebaikan di dunia meliputi : keselamatan, kesehatan, harta benda, anak istri, ilmu dan sebagainya, sedangkan kebaikan di akherat meliputi terhindarnya dari api neraka.

Dalam Tafsir Ibnu Katsir, Ibnu Abbas r.a. menuturkan, bahwa ada orang-orang Baduwi datang ke Arafah dan berdo'a,"Ya Allah semoga tahun ini banyak hujan, subur, dan murah sandang pangan." Mereka sama sekali tidak menyebut bagian akherat, sehingga Allah menurunkan ayat 200 Al Baqarah :

فَإِذَا قَضَيْتُمْ مَنَاسِكَكُمْ فَاذْكُرُوا اللَّهَ كَذِكْرِكُمْ آبَاءَكُمْ أَوْ أَشَدَّ ذِكْرًا فَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَقُولُ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا وَمَا لَهُ فِي الآخِرَةِ مِنْ خَلاقٍ

"Apabila kamu telah menyelesaikan ibadah hajimu, maka berzikirlah (dengan menyebut) Allah, sebagaimana kamu menyebut-nyebut (membangga-banggakan) nenek moyangmu, atau (bahkan) berzikirlah lebih banyak dari itu. Maka di antara manusia ada orang yang berdoa: "Ya Tuhan kami, berilah kami (kebaikan) di dunia", dan tiadalah baginya bahagian (yang menyenangkan) di akhirat."

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, Anas r.a. berkata,"Biasanya Nabi SAW membaca do'a :"Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka".

2 comments:

  1. Do'a yang sering kita panjatkan kepada Alloh SWT ketika kita selesai melaksanakan sholat 5 waktu,,,,,,,,,

    waaaah ads google nya udah dapet brp nih sob,??????? hehhehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas Falah. Sepeti kata Angie dan teman-temannya, saya tidak tahu, saya lupa, saya tidak diberi tahu.

      Delete