Saturday, January 24, 2009

Cara Perbesar Perkecil Foto Dengan ACDSee 10 Photo Manager

Pertama kali memasang foto untuk header blog tidak bisa dilupakan. Saya dapat sebuah foto dari hasil searching lalu saya pasang di header dan hasilnya saat itu keringat dingin keluar. Bagaimana tidak, karena besarnya foto membuat header terlihat memalukan.

Saat itu saya belum mengerti bahwa kita harus tahu terlebih dahulu lebar dari header blog kita dan kita sesuikan lebar foto yang akan kita pasang dengan lebar header blog kita tersebut.

Akhirnya sekarang saya tahu langkah-langkahnya. Tutorial ini saya tujukan buat rekan-rekan yang memang awam sekali dengan topic yang saya bahas ini. Semoga yang saya terangkan ini sangat jelas dan mudah dimengerti. Dan mohon maaf, saya bukanlah seorang yang ahli dalam bidang ini.

Pertama kali kita sudah siapkan foto yang akan kita pasang.

Kedua, kita membutuhkan bantuan program yang sudah terinstal di computer kita, yang saya pakai adalah ACDSee 10 Photo Manager.

Ketiga, kita harus tahu lebar dari header blog kita. Karena saya memakai template minima yang masih asli, maka lebarnya adalah 660px. Kita masuk ke menu “Tata Letak”, lalu “Edit HTML”, lalu “Edit Template”. Scroll ke bawah, cari kode header seperti ini:



Kalau sudah tahu, kita keluar dari situ.

Keempat, kembali ke foto yang sudah kita siapkan di folder. Kita ketahui lebar dari foto tersebut dengan mengarahkan mouse pointer pada foto itu, maka akan muncul lebar dan tinggi foto tersebut seperti ini:



400x200 dalam ukuran px(pixel). 400= lebar, 200= tinggi.
Kelima, arahkan mouse pointer pada foto, lalu klik kanan. Akan muncul seperti ini:



Keenam, klik “Edit with ACDSee10 Photo Manager. Akan muncul seperti ini:



Ketujuh, klik “Resize”. Akan muncul seperti ini:



Kedelapan, hilangkan tanda”centang” dengan mengklik, supaya kita bisa mengatur lebar dan tinggi sesuai keinginan kita.
Kesembilan, isi lebar dan tinggi header sesuai lebar header blog yaitu yang saya contohkan memakai template minima sebesar 660px. Sedangkan untuk “height/tinggi” maksimal untuk header biasanya 200px. Seperti ini:



Bila lebar dan tinggi sudah di isi, scroll ke bawah dan klik “Done” seperti ini:



Maka foto sudah berubah ukuran sesui dengan yang kita isi dalam kotak isian tadi. Selanjutnya kita keluar dari program ACDSee tersebut dengan klik “X”.



Akan tampil:



Arahkan mouse pointer pada menu “file” kiri atas dan klik. Akan tampil:



Klik “Save As…” akan tampil:



Di tulisan "save in" klik tanda panah ke bawah. Lalu pilih mau dimana file tadi kita simpan. Bila sudah kita pilih tampilan seperti ini:



Ditulisan "File Name" isi nama file yang tadi kita buat lalu klik "Save". Selesai.

Nah, tinggal kita cek keberadaan foto tadi di folder tempat kita simpan. Bila ada dan ukurannya sudah benar sesuai dengan lebar dan tinggi header blog kita. Tinggal pasang saja.

5 comments:

  1. ari program ACDSee ga ada paling2 klo mau merubah ari pakai microsoft office picture manager hehehe

    ReplyDelete
  2. Wah saya juga gak ada programnya. Downloadnya gimana, mba?

    ReplyDelete
  3. ACDsee memang perlu sekali ada di kompi kita.

    ReplyDelete
  4. artikel header pake gambar sendiri..good so good ..langsung tancap gas sekarang,trim artikelnya

    ReplyDelete
  5. sudah berhasil buat di header nya coba mba lihat di blog saya http://sangpenyampai0.blogspot.com,tolong kasih comen ya...lucu atau ngga headernya

    ReplyDelete