Monday, February 2, 2009

Tip Setelah Selesai Membuat Blog di Blogger Dot Com

Tampilan pertama ketika kita baru saja membuat sebuah blog di blogger dot com adalah seperti ini:



Kita dalam posisi siap untk posting atau membuat tulisan. Tapi, sebelumnya lebih baik atur dahulu format waktu yang muncul dalam blog kita karena masih standar blogger yaitu bukan Indonesia. Coba klik menu “Pengaturan”, lalu “Format”.



Isian pertama adalah “Tampilkan”. Maksudnya postingan/tulisan kita yang akan tampil dalam halaman muka seberapa banyak. Kita bebas memilih sekemauan tapi berdasarkan pengalaman, supaya loading blog tidak lambat lebih baik di bawah 5 posting. Dan untuk yang kotak disebelahnya biarkan tulisan “posting”, tapi bila kita tiap hari bisa membuat posting, pilih “hari

Isian selanjutnya adalah “Format Header Tanggal”. Silahkan pilih model mana yang disukai tampilan dari tanggal yang akan tampil pada blog.

Lalu “Format Tanggal Index Arsip”. Pilih juga model tanggal untuk arsip blog yang seperti apa.

Lalu “Format Timestamp”. Pilih tampilan model jam.

Lalu, ini yang terpenting. “Zona Waktu”. Pilih (GMT+07:00) Jakarta, bila kita tinggal di Indonesia. Namun tergantung GMT.

Lalu, “Bahasa”. Terserah, kita mau bahasa utama blog adalah Indonesia atau Inggris atau yang lainnya.

Lalu,”konversi ganti baris”, isi saja “ya”. Maksudnya ketika selesai menulis 1 paragraf maka satu kali tekan enter adalah satu spasi yang dalam kode HTML :



Lalu untuk “Tampilkan Field Judul”, “Tampilkan kolom Link”, “Aktifkan perataan float”, isi saja “Ya”.

Lalu, “Template Posting” kosongkan saja dahulu. Nanti bila dalam postingan ingin menggunakan “baca selengkapnya”, kodenya simpan disini.

Yang terakhir adalah “Simpan Setelan”. Selesai sudah.

Menu selanjutnya yang tidak kalah pentingnya yang harus diatur adalah menu “Pengaturan” sub “Komentar”.

No comments:

Post a Comment