Sunday, August 1, 2010

Menyeru Kebaikan Dengan Cara Baik Dan Bijak

Sebagai manusia kita tentu tidak akan terlepas dari salah dan dosa. Disinilah fungsi dari Surat Al Ashr yaitu saling menasehati dalam kesabaran dan kebenaran. Menjadi suatu kewajiban bahwa kita berusaha untuk menyuruh kebaikan dan melarang kemungkaran. Namun yang menjadi masalah biasanya pada metode penyampaian pada kebenaran kadang terjebaknya diri kita sendiri pada kemungkaran tersebut.

Semoga saja dengan Surat 16, An Nahl ayat 125, kita akan banyak mendapat barokahnya selama benar-benar mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari.

"Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk."


Surat Ali Imron, ayat 159 :


"Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah-lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal kepada-Nya."


Surat An Najm, ayat 32 :


"(Yaitu) orang yang menjauhi dosa-dosa besar dan perbuatan keji yang selain dari kesalahan-kesalahan kecil. Sesungguhnya Tuhanmu Maha Luas ampunan-Nya. Dan Dia lebih mengetahui (tentang keadaan) mu ketika Dia menjadikan kamu dari tanah dan ketika kamu masih janin dalam perut ibumu; maka janganlah kamu mengatakan dirimu suci. Dialah yang paling mengetahui tentang orang yang bertakwa."


"Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang yang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir".




Halaman Muka Dunia Muslimah

22 comments:

  1. Sungguh, terkadang ada rasa takut menyampaikan dalam setiap postingan ane masalah kebaikan karena tentu saja semuanya terdapat pertanggungjawaban. Ya Allah, hamba yang bodoh ini mohon ampunan atas pemikiran hamba yang berlebihan, sesunggugnya Engkau Maha Tahu bahwa hanya dengan cara itu yang hamba bisa

    ReplyDelete
  2. ijin add blog katalog, monggo di cek

    ReplyDelete
  3. Ummie memang susah ya klo mau mengajak k arah kebaikan. Apalagi sya yg masih muda2 ini. kalo salah ngomong kadang dibilang sok tahu..

    Semoga kita slalu berada di Jalan yang benar. AMiennn


    Best Regards,
    Tito's Weblog

    ReplyDelete
  4. pencerahan hati...di kala hujan

    ReplyDelete
  5. 'dan saling berlomba2lah kalian dalam kebaikan...'
    semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan karunianya sehingga kita selalu berada dijalan yang benar dan senantiasa menyebarkan kebaikan.. amin

    ReplyDelete
  6. Pekerjaan ini sangat berat, tapi mulia.
    sebab untuk mengajak ke jalan kebaikan itu tidak mudah...
    terimakasih Umi..

    ReplyDelete
  7. assalamu'alaikum Umi, postingan umi sangat bagus, Tembang Lawas salut pada Umi :-)

    ReplyDelete
  8. Betul sekali. Islam adalah agama rohmatan lil alamin. Rahmat bagi seluruh alam. Bukan agama yang ditegakkan dengan kekerasan. Berdakwah dengan cara yang baik dan bijak. Trims pencerahannya.

    ReplyDelete
  9. Walaupun ga mudah untuk menyerukan kebaikan, tapi sesuatu yang baik, disampaikan dengan cara yang baik, Insya Allah diterima dengan baik pula. Semoga kita termasuk orang2 yang selalu berada dalam kebaikan ya kakakku...Amin....

    ReplyDelete
  10. suLit untuk meminta maaf, tetapi Lebih suLit Lagi untuk memaafkan. karena bukan sekedar untuk dikatakan, tetapi Lebih pada direaLisasikan.
    terima kasih Ummi untuk tuLisannya.

    ReplyDelete
  11. subhanallah..pencerahan hati yang sungguh bermanfaat bagi para pembacanya..keep posting.. ditunggu komment baliknya

    ReplyDelete
  12. Selamat pagi ukhti... wah postinganya bener2 memberikan pelajaran penting...terimakasih...

    ReplyDelete
  13. Datang berkunjung, numpang istirahat dan merenung sejenak di atas awan..

    Kalau soal menyerukan kebaikan, sebetulnya dari dalam hatiku sering bertanya pantas kah aku menyerukan kebaikan? karena aku sadar sangat kalau aku ini masih terlalu jauh dari yang katanya baik ukthi...

    Sekarang, aku hanya mencoba hidup mengalir bagai aliran sungai, dan berusaha untuk bisa melakukan kebaikan sambil berharap semoga kebaikan ini mendapat ridho Allah...

    Kok jadi curhat, hmmm.. malu :), keep smile Ukhti.. semangat!!!

    Perjuangan adalah pelaksanaan kata-kata... ^_^

    ReplyDelete
  14. thanks sharenya ummy....

    slmat malam slamat berkumpul bersama keluarga...

    ReplyDelete
  15. Tanpa disadari, banyak terjadi tujuannya mengajak kebaikan, tapi malah yang mengajak berlaku tidak baik.

    ReplyDelete
  16. sungguh bijak orang yg menyerukan suatu kebaikan dgn kata2 bijak dan bukan dgn kekerasan.... met malam umi..

    ReplyDelete
  17. info:
    Ummi kayaknya kemarin saLah nuLis komentar deh, mengenai aLbum yang bisa menyimpan 1000 foto.
    mungkin itu maksudnya bukan untuk om rame kan?, saLah aLamat tuh. hehehe...

    ReplyDelete
  18. yang baik dibalas baik dan yang kurang baik dibalas dengan kebaikan pula

    ReplyDelete
  19. ya
    begitulah Islam
    tapi masih banyak aja orang2 gak bertanggungjawab yang menggunakan kekerasan dan mengatasnamakan islam ;(

    ReplyDelete
  20. Hanya Tuhanlah yg berhak memvonis apakah kita dapat hidayah atau hanya mendapat hadiah...

    Terus kampanyekan anti kekerasan. Mengajak orang tdk dengan intimidasi dan represivitas.

    Islam bukan agama kekerasan,,,

    Semoga postingan ini dapat dibaca semua kalangan, hingga dapat merubah prilaku siapapun di antara kita yg enggan mengajak orag lain (dakwah) dengan kearifan...

    ReplyDelete