Thursday, February 16, 2012

Biography Singkat Pangeran Diponegoro

Raden Mas Ontowiryo atau dikenal dengan Pangeran Diponegoro lahir di Yogyakarta tanggal 11 November 1785. Ayahnya adalah Sultan Hamengkubuwana III, raja Mataram di Yogyakarta dan ibunya adalah R.A. Mangkarawati, seorang garwa ampeyan atau selir. Pangeran Diponegoro adalah salah seorang Pahlawan Nasional Republik Indonesia.

Pangeran Diponegoro beristrikan, Raden Ayu Citrowati puteri Bupati Madiun Raden Ronggo dan memiliki putra, Bagus Singlon atau Ki Sodewo yang membantu perjuangan Pangeran Diponegoro. Raden Ayu Citrowati adalah saudara satu ayah lain ibu dengan Sentot Prawiro Dirjo.

Raden Mas Singlon atau Bagus Singlon atau Ki Sodewo  termasuk ke silsilah Tepas Darah Dalem Keraton Yogyakarta. Istri  Pangeran Diponegoro yang lainnya adalah Bendara Raden Ayu Antawirya, Raden Ayu Ratnaningsih, Raden Ayu Ratnaningrum.

Peristiwa bersejarah pada masa Pangeran Diponegoro adalah Perang Diponegoro atau Perang Jawa karena terjadi di jawa tahun 1825 sampai dengan 1830. Dimana Pangeran Diponegoro berhadapan dengan Jendral De Kock, pimpinan pasukan penjajah Belanda.

Pangeran Diponegoro meninggal di Makassar, Sulawesi Selatan, 8 Januari 1855.

1 comment:

  1. oh jadi pangeran diponegoro ninggal di pengasingan ya ummi

    ReplyDelete