Tuesday, February 3, 2009

Menu Pengaturan Komentar dalam Blogger Dot Com

Setelah mensetting menu “Format” pada blog, yang tidak kalah pentingnya adalah mengatur menu tampilan kotak komentar blog. Mengapa? Karena pada kotak komentar inilah kita akan dapat berinteraksi dengan rekan-rekan sesama blogger maupun pengunjung blog lainnya.

Pada umumnya setelah blog sudah jadi pada default dari blogger penempatan kotak komentar adalah “Disemat di bawah entri”.


Hal ini yang sering menjadi masalah. Beberapa kali saya berkunjung ke blog-blog yang memang baru ataupun agak lama lalu bermaksud memberikan komentar, namun ketika mengklik, kotak komentar tersebut tidak berfungsi dan yang lebih ironisnya sang pemilik blog tidak menyadari akan hal ini.

Untuk cara membuat kotak komentar di bawah entri disini.

Lebih lengkapnya mensetting “Pengaturan”, lalu “Komentar”, sebagai berikut:


Pada isian “Komentar” pasti kita pilih “Tampilkan” karena tujuan membuat blog adalah supaya mendapat masukan dari pengunjung tapi bila pemilik blog tidak siap untuk mendapat komentar bisa pilih “Sembunyikan. Ada menu lain dimana kotak komentar muncul dan pengunjung mengisinya tapi tidak akan bisa tampil sebelum pemilik blog meng”acc” pada isian “
Moderasi komentar”

Pada isian “Siapa yang Bisa Berkomentar”, lebih baik isi “Siapapun”.

Untuk kolom isian “Penempatan Formulir Komentar”, bagi blog baru lebih baik isi yang “Halaman penuh” atau “Jendela munculan” terlebih dahulu karena ketika blog baru di buat pilihannya sudah ada yaitu “Disemat di bawah entry”. Namun kenyataannya ini belum bisa berfungsi. Kalaupun ingin difungsikan harus ada penambahan kode pada “Edit Template”.

Pada isian “Default Komentar untuk Entri”, pilih saja “Entri Baru Memiliki Komentar”.

Pada isian “Link balik”, isi saja “Tampilkan”.

Pada isian “Default Link Balik untuk Posting”, isi saja “Entri Baru Memiliki Taut Balik”.

Pada isian “Format Timestamp Komentar”, terserah pilih mana yang suka.

Pada isian “Pesan Formulir Komentar”, isi dengan kata-kata kita. Ini akan muncul di atas kotak komentar. Contoh: “Komentarnya yang membangun, yaa”.

Pada isian “Moderasi komentar”, ini hak pemilik blog seperti yang sudah diulas di atas.

Bila setiap komentar pengunjung blog tidak ingin langsung tampil tetapi ingin dicek terlebih dahulu silahkan isi “Selalu”. Tetapi, bila komentar pengunjung ingin langsung tampil, silahkan pilih “Tidak pernah”, sehingga komentar pengunjung langsung akan tampil. Dan untuk alamat email terserah di isi atau tidak.

Pada isian “Tampilkan verifikasi kata untuk komentar?”, isi saja “Ya”.

Pada isian “Tampilkan gambar profil dalam komentar?”, isi saja “Ya”.

Pada isian “Email Pemberitahuan Komentar”, isi email teman-teman kita. Maksudnya supaya teman-teman tersebut tahu ada komentar baru tiap ada pengunjung yang mengisi kotak komentar.

Terakhir, klik “Simpan Setelan”.

Baru kita mulai posting.

3 comments: